Wujudkan Kemerdekaan Belajar untuk Indonesia Maju Lewat Kegiatan Kemahasiswaan

 

Peran pimpinan perguruan tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) sangat signifikan dalam menciptakan kualitas mahasiswa Indonesia yang berkarakter dan berdaya saing. Kebijakan dan sistem dalam menicptakan iklim akademis dan sosial di lingkungan mahasiswa, serta meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa menjadi penentu bagi pergerakan dan prestasi mahasiswa di Indonesia.

Salah satu upaya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meningkatkan kegiatan mahasiswa adalah dengan menggelar Lokakarya Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dan Sekretaris LLDIKTI pada Kamis (12/12/2019) di Hotel Atlet Century Park, Jakarta.

Dalam sambutannya, Didin Wahidin selaku Direktur Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, menyampaikan bahwa pimpinan perguruan tinggi dari LL Dikti mesti terus menggali kegiatan baru harus agar sesuai dengan perkembangan zaman.

“Kegiatan kemahasiswaan harus ambil bagian dalam mewujudkan perguruan tinggi yang dapat menjawab berbagai tantangan zaman,” sebutnya.

Didin juga menambahkan bahwa dari seluruh kegiatan kemahasiswaan, pendidikan karakter adalah hal yang paling penting untuk dikembangkan. “Karakter mahasiswa sangat penting untuk dikembangkan untuk menciptakan masa depan masyarakat Indonesia yang toleran dan memiliki pemikiran yang kompleks dalam menyelesaikan masalah,” sebutnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh 250 pimpinan perguruan tinggi bidang Kemahasiswaan dan LL Dikti ini berisi evaluasi program yang akan mengalami berbagai penyesuaian untuk mencapai kemerdekaan dalam belajar.

Harapannya, evaluasi ini akan memberikan solusi yang relevan untuk menjawab berbagai tantangan zaman di seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul.

Upaya perbaikan pembelajaran dalam mewujudkan kehidupan beragama yang toleran pada mahasiswa juga turut disampaikan dalam seminar ini dengan menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Oman Fathurahman selaku Staff Ahli Menteri Agama yang menyampaikan mengenai Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi. Turut hadir Alim Setiawan selaku Direktur Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor yang memberikan paparan tentang Pencegahan Radikalisme Agama di Perguruan Tinggi.

13/12/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.