Sukan Malaysia dan Indonesia (SUKMALINDO)

Sukan Malaysia dan Indonesia (SUKMALINDO) adalah suatu kegiatan dibidang olahraga untuk membangun persahabatan dan perdamaian  antarmahasiswa di dua Negara yaitu Malaysia dan Indonesia. Selain itu Sukmalindo diharapkan mampu membangun networking antara Malaysia dan Indonesia. Sukmalindo dilaksanakan setiap satu tahun sekali secara bergantian antara Malaysia dan Indonesia. Pertandingan persahabatan olahraga antara dua negara, Malaysia dan Indonesia ini diselenggarakan untuk mempererat tali persaudaraan dan persahabatan mahasiswa antara dua negara yang serumpun.

Kegiatan SUKMALINDO juga dapat meningkatkan pemahaman dan persepsi mahasiswa untuk menjadi generasi muda yang unggul demi kemajuan negara dan bangsanya masing-masing. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai bagian dari mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

SUKMALINDO di selenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Menjalin persahabatan antarmahasiswa Indonesia dengan mahasiswa dari negara Malaysia.
  2. Meningkatkan citra bangsa Indonesia di forum Internasional melalui keikutsertaan mahasiswa Indonesia.
  3. Mendorong peningkatan prestasi olahraga mahasiswa Indonesia sehingga mampu menunjang olahraga nasional.
  4. Mendorong mahasiswa memiliki daya saing dan kompetisi serta meraih prestasi yang maksimal dalam bidang olahrga di kawasan ASEAN dan Internasional.
  5. Memberikan motivasi mahasiswa Indonesia untuk mampu mengembangkan wawasan Internasional khususnya dalam bidang olahraga.

Terdapat 5 (lima) cabang olahraga yang di pertandingkan dalam kegiatan ini antara lain Badminton putra-putri, Sepak Takraw Putra-putri, bola voli putra-putri, futsal dan panahan. Para peserta yang akan mewakili Indonesia untuk menjadi atlit dalam ajang Sukan Malaysia Indonesia (SUKMALINDO) adalah para mahasiswa yang telah ikut serta dalam kejuaraan Nasional seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) dan telah meraih kemenangan dalam kejuaraan tersebut.

Selain olahraga yang menjadi pusat perhatian dalam kegiatan ini, kebudayaan juga turut serta ditampilkan. Malaysia dan Indonesia saling menampilkan kebudayaan yang dimiliki negaranya masing-masing. Tidak hanya para atlit saja yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini, Mahasiswa dari universitas yang terpilih juga akan ikut berpartisipasi dalam ajang SUKMALINDO dan berkesempatan untuk menampilkan kebudayaan Indonesia.