Program Bantuan Ormawa

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 12 ayat (1) b menyatakan bahwa setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Begitu pula berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 mengamanahkan bahwa untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi Mahasiswa, kreativitas, kepekaan, daya kritis, keberanian, dan kepemimpinan, serta rasa kebangsaan, mahasiswa didorong untuk melakukan berbagai kegiatan melalui wadah organisasi kemahasiswaan. Para mahasiswa diharapkan tidak hanya menguasai bidang ilmu yang ditekuni di kampus, tetapi juga mengusai bidang lain yang dapat menunjang keberhasilan mereka di masa depan. Untuk mendukung harapan tersebut serta dalam rangka menyiapkan mahasiswa yang lebih berkualitas, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kemahasiswaan memprogramkan bantuan dana untuk berbagai kegiatan kemahasiswaan sebagai penunjang pendanaan yang telah ada di masing-masing perguruan tinggi.

Program bantuan dana kegiatan kemahasiswaan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para mahasiswa (perseorangan maupun kelompok) atau organisasi kemahasiswaan antar perguruan tinggi untuk mengembangkan potensi, menyalurkan bakat, minat dan kemampuannya dalam bidang tertentu melalui organisasi yang dapat menambah wawasan keilmuan, pembentukan karakter/sikap, dan keterampilan. program ini memberikan dan bantuan kepada kegiatan kemahasiswaan yang bertaraf Nasional serta Internasional, adapun persyaratan untuk kegiatan yang dapat memperoleh bantuan dana adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan yang di selenggarakan dan di laksanakan oleh mahasiswa dan diperuntukan kepada mahasiswa.
  2. Permohonan bantuan dana diajukan dengan menyampaikan proposal (sistematika terlampir dalam panduan), serta harus mendapat persetujuan dari Pemimpin Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Wakil/Pembantu Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan).
  3. Kegiatan kemahasiswaan diselenggarakan oleh individu mahasiswa/ORMAWA dari Universitas yang di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Proposal yang telah disetujui dan atau disertai Pengantar Pemimpin Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dikirimkan ke Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Proposal harus sudah diterima paling lambat 45 (empat puluh lima) hari sebelum tanggal pelaksanaan kegiatan. Kegiatan kemahasiswaan yang disetujui untuk dibantu akan diberitahukan secara tertulis melalui email, pos dan atau faks, sekaligus memberitahukan kepada perguruan tinggi dan pelaksana untuk melengkapi persyaratan administrasi keuangan.

 

Lampiran :

Panduan