Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS)

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) merupakan ajang kompetisi cabang Olah Raga yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, melalui organisasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) yang di dasari oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Pelaksanaan Pomnas di delegasikan kepada Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia  (Pengprov BAPOMI) namun tetap di bawah tanggung jawab Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia. Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNAS) telah berlangsung sejak 1951 dan diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali, dengan waktu penyelenggaraan  di sesuaikan  kalender akademik perguruan tinggi yang telah ditentukan melalui Rapat Kerja Nasional, paling lambat 1 (satu) tahun sebelum penyelenggaraan POMNAS.

Setiap Pengurus Provinsi BAPOMI (Pengprov BAPOMI) berhak mengajukan permohonan tertulis (proposal) untuk menjadi calon penyelenggara POMNAS kepada Pengurus Pusat Bapomi , waktu pengajuan selambat lambatnya 24 (dua puluh empat) bulan sebelum penyelenggaraan POMNAS. Permohonan tertulis berisi uraian yang menggambarkan kelayakan terutama terkait fasilitas, ketersediaan sumberdaya manusia dan faktor-faktor pendukung lainnya.

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di selenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia.
  2. Memupuk dan meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara berlandaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa.
  4. Meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa.
  5. Meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa.
  6. Membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional.
  7. Menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

Para peserta dalam kompetisi ini merupakan mahasiswa aktif di seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, nantinya para mahasiswa dapat mewakilkan masing-masing perguruan tinggi dan berpartisipasi sebagai atelit di setiap cabang olahraga yang di lombakan. Adapun persyaratan bagi para mahasiswa yang berpartisipasi menjadi atlet dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) adalah sebagai berikut:

  1. Atlet peserta adalah warga negara Indonesia dan harus berstatus mahasiswa aktif (Program Diploma dan Sarjana) pada perguruan tinggi yang dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (termasuk Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan).
  2. Atlet peserta harus didaftarkan dan tergabung dalam satu kontingen Provinsi.
  3. Atlet harus mengisi data pribadi, asal perguruan tinggi, dan prestasi terbaik yang pernah diraihnya.
  4. Atlet peserta harus memenuhi syarat sebagai mahasiswa yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa serta surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan yang bersangkutan.
  5. Pimpinan Kontingen harus mengisi dan menyerahkan formulir yang berisi jumlah atlet pada setiap cabang olahraga yang diikuti.
  6. Seorang atlet hanya dapat mengikuti salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan.
  7. Pimpinan Kontingen harus menyampaikan daftar nama dan pas foto setiap atlet peserta.
  8. Atlet peserta wajib saling menghormati, bertanding secara jujur, tidak melakukan tindak kekerasan dan tunduk pada peraturan pertandingan sesuai cabang olahraga yang diikutinya.