NUDC (National University Debate Championship)

 

Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam menetapkan pola pembinaan mahasiswa dengan memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya. Salah satunya dengan merumuskan NUDC (National University Debate Championship) yang merupakan kegiatan lomba debat Bahasa Inggris yang bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah
  2. Meningkatkan kemampuan bahasa inggris lisan dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional
  4. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis
  5. Memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta aternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

Lomba debat NUDC ini terdiri atas 2 kategori yaitu main draw dan novice, sedangkan lomba non debat terdiri atas lomba public speaking dan essay writing. Sistem yang digunakan dalam NUDC adalah sistem British Parliamentary (BP) sebagaimana yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia. Lomba debat NUDC dilaksanakan pada 14-19 juli 2019, seleksi dilakukan dalam tiga tahap ; tingkatan perguruan tinggi, tingkatan wilayah dan tingkatan nasional, serta diikuti oleh 14 wilayah, 112 tim, 336 peserta.

Lampiran :

Pedoman NUDC 2019