Memorandum Akhir Jabatan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan 2017-2019

Buku Laporan ini merupakan memorandum akhir jabatan saya sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi periode Mei 2017-Agustus 2019. Rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT atas petunjuk dan tuntunanNya sehingga saya dapat mengakhiri amanah atas tugas mulia untuk turut berkontribusi meningkatkan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Indonesia khususnya bidang pembelajaran dan kemahasiswaan.

Tugas saya fokus pada fungsi pendukungan manajemen dan tata kelola Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dengan Lingkup perencanaan, penganggaran, keuangan, SOM, sarana prasarana, perkantoran, legal, kerja sama dan layanan informasi. Fungsi koordinatif dan inisiatif menjadi kunci kelancaran tugas. Dalam kesempatan ini saya sampaikan rasa hormat kepada bapak Menteri Prof. Mohamad Nasir dan dan terima kasih kepada dua orang Direktur Jenderal yang menjadi atasan saya yaitu Prof. lntan Ahmad, dan Prof. lsmunandar yang telah sangat membantu saya dalam bertugas. Lingkungan kerja yang terbangun semakin menyenangkan dan penuh kekeluargaan mewariskan kenangan indah yang tidak akan pernah terlupakan. Belmawa adalah bagian dari hidup dan ladang ibadah saya. Semoga mewariskan kebaikan bagi saya, rekan kerja, tentu masyarakat.

Selama bertugas walaupun dalam durasi tidak lama, saya dan Belmawa telah melakukan inisiasi penerapan platform digital sesuai era lndustri 4.0 secara bertahap untuk sistem perencanaan dan pengendalian keuangan (Sikepang) dan sistem pelaksanaan kerja pegawai (Sikerja) menggunakan aplikasi yang dibangun oleh staf Belmawa bermitra dengan ahli pemrograman dari Perguruan Tinggi. Sikepang mampu memberikan informasi untuk pengendalian realisasi anggaran dan capaian output agar deviasi keduanya tidak besar. Sedangkan Sikerja mampu mendorong setiap pegawai untuk memperbaiki kinerja berdasarkan penilaian dirinya dan atasan atas capaian kinerja yang dilaporkan melalui Sikerja. Sistem dan aplikasi tersebut tentu memerlukan pengembangan selain komitmen semua pegawai untuk menggunakannya beralih dari cara manual (konvensional) ke digital.

Akhir kata, saya menyampaikan terima kasih sebesar besarnya atas dukungan dan kerjasama tim sekretariat mulai  Eselon Ill, IV, dan staf. Komitmen kita untuk selalu melakukan dukungan manajemen yang terbaik bagi Eselon I dan Eselon II kerap membuahkan tawa, canda, dan terkadang sedikit ketegangan sudah merupakan warna keseharian di pojok kawasan Lantai 7 (tujuh). Saya doakan karir teman teman lnsyaALlah terus meningkat. Saya juga mohon dimaafkan jika ada kesalahan atau kekhilafan saya selama bertugas. Semoga buku ini menjadi tanda atas rasa syukur saya dan berguna bagi institusi. Aamiin YRA.

Bandung, November 2019

Prof. Rina lndiastuti
Sekretaris  Direktorat Jenderal Pembelajaran  dan Kemahasiswaan
Tahun Jabatan 2017-2019

Tautan Pengunduhan:

http://bit.ly/MAJSesditjenBelmawa17-19 

26/12/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.