Memorandum Akhir Jabatan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan 2015-2018

Assalaamualaikum wr. wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadlirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dan atas izin-Nya lah pada kesempatan ini saya berkesempatan menyampaikan laporan akhir masa jabatan saya sebagai Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Jabatan Eselon I di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ini saya laksanakan mulai tanggal 25 Juni 2015 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 99/M Tahun 2015 tentang Pemberhentihan dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dengan berakhirnya tugas saya sebagai Dirjen Belmawa, sudah menjadi kewajiban saya untuk menyampaikan laporan atau ‘Memorandum Akhir Jabatan’ kepada Bapak Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Memorandum akhir jabatan ini merupakan laporan pertanggungjawaban terkait dengan tugas sebagai Direktur Jenderal yang telah saya laksanakan selama kurang lebih 3 tahun 6 bulan, sejak 30 Juni 2015 sampai 1 Juni 2018 dan dilanjutkan sebagai PLT Dirjen Belmawa sampai 30 November 2018. Saran dan harapan dalam buku memorandum ini diharapkan dapat dijadikan referensi sekaligus dasar pengambilan kebijakan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang akan datang.

Tugas-tugas dan kegiatan yang saya laksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dirjen Belmawa berkait dengan dunia pembelajaran, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu sebagaimana tercantum dalam visi, misi, dan tujuan Ditjen Belmawa. Tugas-tugas tersebut telah saya laksanakan dengan optimal sesuai dengan kapabilitas saya dan didukung oleh pejabat eselon dua, eselon tiga, eselon empat, dan seluruh staf serta potensi yang ada di Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Walaupun jabatan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang diamanahkan kepada saya berlangsung selama kurang lebih tiga tahun dan PLT Dirjen Belmawa selama 6 bulan, saya sangat mensyukuri dan menikmati tugas-tugas dan suasana kerja yang demokratis, terbuka, kondusif serta sinergis dengan berbagai irama dan dinamika tantangan yang ada. Semua itu saya laksanakan dengan sebaik-baiknya dengan harapan dapat membantu peningkatan pembangunan dunia pendidikan, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu di perguruan tinggi.

Untuk pencapaian program-program yang telah dilaksanakan, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi; para pejabat eselon II di lingkungan Ditjen Belmawa, rekan kerja di lingkungan Ditjen Belmawa, para Pimpinan Perguruan Tinggi; Kepala LLDIKTI; dan para staf di lingkungan Ditjen Belmawa.

Karena usai menyelesaikan tugas ini, saya akan kembali menjalankan amanah sebagai dosen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Institut Teknologi Bandung, maka saya mohon dukungan semua pihak agar dapat menjalankan tugas dengan baik. Sebagai abdi negara, tentu saya siap untuk terus mendukung dan membantu program-program kegiatan Kementerian Ristekdikti dan Ditjen Belmawa. Semoga kita tetap mendapat kekuatan serta memperoleh hidayah dan inayah dari Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

Wassalaamualaikum wr. wb.

Jakarta, 30 November 2018
Direktur Jenderal Belmawa,
Intan Ahmad

Tautan Pengunduhan MAJ Dirjen Belmawa 2015-2018:

http://bit.ly/MAJDirjenBelmawa15-18

26/12/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.