Membangun Kemampuan Utuh Mahasiswa melalui LKMM TL

Untuk menguatkan kualitas pembelajaran mahasiswa, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melaksanakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM TL) Tahun 2019  di Surabaya pada Rabu hingga Jumat (27-29/11/2019).

Pada pembukaan LKMM TL, Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa, Didin Wahidin, menyampaikan bahwa mahasiswa harus dapat menguasai ilmu dan wawasan dan mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang.

LKMM TL diikuti sebanyak 44 mahasiswa dari perwakilan lima lokasi Pelatihan LKMM TL meliputi Padang, Ambon, Banjarmasin, Bali dan Palu, serta empat orang peserta dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya.

Kegiatan LKMM TL dibuka secara resmi oleh Kasubdit Minat, Bakat, dan Organisasi Kemahasiswaan Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Octa Nugroho Shando. Kegiatan LKMM TL ini dipandu oleh lima orang tim pemandu yang ditunjuk oleh Ditjen Belmawa yaitu Prof. Dr. Mahmutarom HR, S.H.,M.H (Universitas Wahid Hasyim Semarang), Dr. Rimbawan (Institut Pertanian Bogor), Ir. Bambang Sulistiyanto, M.AgrSc., Ph.D  (Universitas Diponegoro), Dr. Slamet Usman Usmanto, M.Si (Universitas Padjajaran), dan  Dr. Ir. Budi Utomo Kukuh Widodo, ME (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Prof. Kacung Maridjan turut hadir memberikan materi dengan topik “Analisis Situasi Indonesia Dulu, Kini dan Sekarang Pada Bidang Demokrasi, Humanitas dan Globalisasi”, Drs.Ec. Jhonatan Budianto,MMT Kepala Bangpesbangpol Provinsi Jawa Timur yang mewakili Gubernur Jawa Timur, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur Dr. Hj. Hesty Armiwulan, Drs. Satriyono Kepala Seksi Pencegahan BNN Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Dr. Widyo Winarso Sespel LLDikti wilayah VII, yang dalam hal ini menyampaikan dan menghimbau mahasiswa agar menjadi garda terdepan dalam memerangi ancaman dan tanggap terhadap potensi di kalangan mahasiswa sendiri maupun masyarakat secara luas.

Dari kegiatan LKMM TL ini diharapkan peserta dapat menjadi mahasiswa yang berwawasan luas dan dapat mengembangkan wacana berpikir dalam mengembangkan kearifan lokal serta memahami potensi diri. Semua kemampuan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi tantangan global di masa depan. (HKLI)

02/12/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.