Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Menengah (LKMM – TM)

Berdasarkan Undang Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi, maka di bentuk program yang menjadi bentuk upaya untuk memberi bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial dalam mengelola berbagai organisasi kemahasiswaan yang perlu dimiliki oleh para mahasiswa, terutama para mahasiswa yang terlibat langsung dan aktif di dalam kepengurusan organisasi kemahasiswaan baik di tingkat program studi, fakultas, maupun di tingkat universitas melalui pelatihan – pelatihan, salah satunya adalah Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak tahun 1989.

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Menengah (LKMM – TM) merupakan program atau kegiatan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi bagi mahasiswa khususnya yang aktif berorganisasi serta membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan. Tujuan dari program LKKM – TM adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan yang ikut mempengaruhi eksistensi dari lembaga yang dipimpin. Hal ini berarti bahwa mahasiswa perlu menguasai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dari lembaga atau organisasi di mana ia terlibat dan memiliki wawasan yang luas tentang keterkaitan antara perguruan tinggi dengan berbagai sub-sistem masyarakat.
  2. Mampu menjabarkan tujuan umum dari lembaga yang dipimpinnya dalam program-program kerja yang mempunyai sasaran yang realistik sesuai dengan kondisi “Here and Now”.
  3. Mampu berdikusi / bertukar pikiran dengan sikap ilmiah.
  4. Mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan lembaga atau organisasi yang dipimpinnya, serta mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun peluang yang ada dalam usaha merealisasikan program kerja yang telah disusun.
  5. Mampu merumuskan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh organisasi yang dipimpinnya dan mampu mentrandormasi masalah yang dihadapi organisasi menjadi target yang harus dicapai dalam rangka pemecahan masalah itu.
  6. Mampu “mengamankan” keputusan yang telah diambil atau dengan kata lain mampu mengkoordinasi kerja kelompok untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

LKMM tingkat Menengah ini diperuntukkan bagi para mahasiswa semester III yang perlu dibekali dengan berbagai kesiapan dalam menghadapi semester-semester berikutnya yang lebih berat dengan tugas-tugas intra, ko dan ekstra kurikuler, serta harus didukung dengan kedisiplinan, manajemen diri dan kelompok, pengambilan keputusan, dan kemampuan mengungkap gagasan agar dapat lebih berprestasi di banyak bidang dan dapat menyelesaikan studi secara tepat waktu. Peserta pelatihan adalah para mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi, dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Pernah mengikuti LKMM tingkat dasar atau pelatihan setara.
  • Masih terdaftar dan aktif di perguruan tinggi (semester III – VII).
  • Aktif sebagai pengurus organisasi intra atau antarperguruan tinggi.
  • IPK semester minimal 2,5.
  • Mengirim Biodata (CV) dan pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  • Mengirim surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.

Bersedia mengenakan jaket almamater dan menaati tata tertib dan ketentuan ketika penyelenggaraan.

Lampiran :
Panduan