KJI KBGI 2019: Jadikan Inovasi Sebagai Nilai Tambah Rancangan Infrastruktur

Kompetisi Jembatan Indonesia XV dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia XI (KJI KBGI) 2019 yang diselenggarakan mulai 7-10 November 2019 resmi ditutup pada Minggu (10/11/2019) di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Depok.

Acara tahunan ini resmi ditutup oleh Misbah Fikrianto selaku Kepala Subdirektorat Penalaran dan Kreativitas, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam sambutannya Misbah menyampaikan dengan mengikuti KJI KBGI 2019, mahasiswa dapat menghasilkan berbagai inovasi yang menjadikan nilai tambah bagi jembatan dan gedung yang telah dibuat. “Melalui KJI KBGI 2019, mahasiswa tidak hanya menghasilkan sebuah inovasi tetapi juga menghasilkan produk serta karya yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia ke depannya,” ujar Misbah.

Penutupan KJI KBGI 2019 turut dihadiri oleh Staf Ahli Kementerian Riset dan Teknologi bidang Infrastruktur Hari Purwanto, serta Direktur Politeknik Negeri Jakarta Abdillah.

Sebanyak 26 Perguruan Tinggi dari 13 provinsi di seluruh Indonesia mengikuti dua kompetisi besar yang dibagi menjadi 24 tim untuk KJI dan 10 tim untuk KBGI. KJI terdiri dari 4 kategori yaitu Jembatan Rangka Baja berskala Jalan Raya, Jembatan Model Pelengkung, dan Jembatan Model Cable Stayed. Sedangkan untuk KBGI hanya terdiri dari satu kategori yaitu Bangunan Gedung 12 Lantai Tahan Gempa.

Misbah juga menambahkan, acara KJI KBGI 2019 telah menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan prestasi dan kualitas mahasiswa serta insan Perguruan Tinggi di Indonesia, terutama di bidang infrastruktur. “Harapannya, KJI KBGI 2019 dapat meningkatkan kualitas sebagai mahasiswa dan sivitas akademika di bidang Teknik Sipil untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia,” tutup Misbah.

KJI KBGI 2019 resmi ditutup dengan pengumuman juara dari berbagai kategori lomba. Pada perhelatannya tahun ini, KJI KBGI 2019 dimenangkan oleh beberapa Perguruan Tinggi. Untuk KJI pada kategori Cable Stayed dimenangkan oleh Politeknik Negeri Jakarta; kategori Jembatan Model Pelengkung dimenangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan kategori Rangka Baja berskala Jalan Raya dimenangkan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret. Pada pelaksanaannya tahun depan terdapat dua Perguruan Tinggi yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah KJI KBGI tahun 2020 yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan Politeknik Negeri Pontianak. (HKLI)

11/11/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.