Dorong Entrepreneur dikalangan Mahasiswa, UTU Gelar Expo Kewirausahaan

Gempuran teknologi digital dan revolusi industri 4.0 sudah pasti tidak bisa dibendung lagi. Pilihannya tinggal kita bisa bertahan hidup di era teknologi canggih ini atau punah digilas zaman? Apa yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar ini patut mendapat apresiasi, yaitu menyelenggarakan expo kewirausahaan bersama Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UTU.

Karena kegiatan ini sangat penting untuk menjawab tantangan perkembangan zaman juga selaras dengan salah satu program Ditjen Belmawa kemendikbud. Demikian kata Dr. Syahril Chaniago, M.Pd. selaku Kepala Bagian Umum Ditjen Belmawa Kemendikbud dalam acara pembukaan kegiatan bertajuk “Expo Kewirausahaan IBT-UTU 2019″ yang berlangsung di halaman gedung Rektorat Universitas Teuku Umar pada Kamis, 14 Oktober 2019.

Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UTU sebagai motor penggerak entrepreneur menggelar eskpo kewirausahaan yang semuanya produk sebagai bagian bisnis mahasiswa semester 4 (empat)  UTU. Tampak sejumlah mahasiswa dan masyarakat lainnya menikmati ekspo dan presentasi para wiramuda UTU.

Melalui acara ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomis dari sebuah ide usaha baik skala kecil maupun skala besar.  Karena itu, bagi kalangan perguruan tinggi, Kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib agar mahasiswa mampu menemukan inovasi bisnis di masyarakat dengan dukungan aplikasi ilmu dan teknologi supermodern.

“Di era revolusi industri 4.0, sangat penting membangun karakter bisnis atau entrepreunership mahasiswa. Agar mereka memiliki kesadaran mengubah budaya kerja ‘mencari kerja’ menjadi budaya ‘menciptakan kerja dan lapangan kerja’. Spirit enterprenuer harus ada di dalam diri mahasiswa” Lanjut Dr. Syahril Chaniago

Oleh karena itu, lanjut Dr. Syahril, Kemendikbud telah membuat program “Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI)” sebagai wadah untuk mempraktikkan ilmu dan keterampilan berwirausaha yang sudah didapat oleh mahasiswa melalui pemberian modal.  KBMI bertujuan 1) menumbuhkan karakter wirausaha, 2) menumbuh-kembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis teknologi, dan 3) membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan bisnis berbasis teknologi dengan menemukan celah pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

Maka penting, mahasiswa sebagai generasi milenial sebagai calon pemimpin bangsa harus tampil sebagai sumber daya berkualitas, di samping memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi. Salah satunya, tentu dibangun melalui karkater entrepreneurship. Mahasiswa di era revolusi industri 4.0 adalah kaum muda yang mempunyai kompetensi akademik yang baik, berjiwa entrepreneur, menguasai future skills (soft & hard skills) sebagai modal kompetensi diri.

“Mas Menteri Nadiem sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UTU ini, kedepan perguruan tinggi diberi kesempatan lebih untuk menghasilkan, memproduksi dan menyebarluaskan hasil-hasil inovasi bisnis berbasis teknologi, UTU diharapkan dapat memaksimalkan kesempatan ini”. Lanjutnya

Seorang entrepreneur, bukanlah orang yang memilih usaha di semua bidang, namun memilih bidang usaha yang cocok dengan kemampuan dan minat yang dimiliki lalu mempelajari, mengamati dari dekat, mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, dan yang terpenting mau bergerak dengan pengetahuannya untuk membangun usaha” tambah Dr. Syahril Cahniago mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana yg sudah berusaha sehingga terlaksana dengan baik, “kegiatan expo bisa menjembatani mahasiswa menjadi enterprenuer muda dalam memajukan perekonomian bangsa,” harapnya.

“Saat ini pembinaan wirausaha menjadi fokus UTU dalam menggembleng mahasiswa. Hal ini karena UTU berkeinginan tidak hanya mencetak mahasiswa yang memiliki kualitas intelektual semata, juga dibarengi dengan Kemampuan berwirausaha. “Melalui wirausaha kami ingin mencetak mahasiswa yang kreatif dan memiliki nilai juang tinggi di masyarakat, IBT sebagai lokomotif bagi mahasiswa dalam mengembangkan inovasi bisnis.” ungkap Rektor.

Turut hadir pada pembukaan expo ini para Wakil Rektor II dan III, Dr. Ishak Hasan, M.Si dan Dr. Mursyidin, MA, Dekan dan Wakil Dekan selingkungan UTU, Dewan juri UTU Awards kelima yang terdiri dari Dr. Hendri Bustamam, M.S dari Universitas Bengkulu, Dr. Mohd. Shaari Abd Rahman dari University Malaysia Terengganu, Malaysia dan para undangan lainnya. (Aduwina/Humas UTU).

15/11/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.