Asean University Games (POMASEAN )

Asean University Games (POMASEAN) adalah suatu kegiatan dibidang olahraga untuk membangun persahabatan dan perdamaian para mahasiswa di tingkat Asean. Program ini merupakan ajang kompetesi olahraga sebagai perwujudan semangat kebersamaan dan persahabatan antar mahasiswa di kawasan asia tenggara, meningkatkan dan mengembangkan minat olahraga mahasiswa, serta meningkatkan kesegaran jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa.

Dalam Asean University Games terdapat 11 negara yang ikut berpartisipasi diantaranya Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura, Philipina, Kamboja, Laos, Timor Leste, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sebagai ajang kompetisi olah raga mahasiswa di tingkat Asean, terdapat 17 cabang olah raga yang dilombakan pada Asean University Games yaitu Atletik, Basket, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Sepak Takraw, Berenang, Tennis Meja, Bola Volley, Memanah, Volley Pantai, Catur, Lompat Indah, Hockey, Futsal, Golf, dan Judo.

Keikutsertaan dalam Asean University Games / POMASEAN merupakan bentuk partisipasi Indonesia sebagai bagian anggota dari organisasi olahraga mahasiswa negara-negara kawasan Asia Tenggara. Ajang kompetisi ini sudah berlangsung sejak 1981 dan diselenggarakan dua tahun sekali dengan tuan rumah secara bergantian sesuai dengan kesepakatan.

Para peserta yang akan mewakili Indonesia untuk menjadi atlit dalam ajang Asean University Games/POMASEAN adalah para mahasiswa yang telah ikut serta dalam kejuaraan Nasional seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas), Sukan Malaysia Indonesia (SUKMALINDO) dan telah meraih kemenangan dalam kejuaraan tersebut. Selain olahraga yang menjadi pusat perhatian dalam kegiatan ini, kebudayaan juga turut serta ditampilkan. Mahasiswa dari universitas yang terpilih akan menampilkan kebudayaan Indonesia dalam ajang Asean University Games/POMASEAN ini.

Tujuan di selenggarakannya Asean University Games/POMASEAN adalah sebagai berikut:

  1. Menjalin persahabatan antar mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa dari Negara ASEAN.
  2. Meningkatkan citra bangsa Indonesia di forum Internasional melalui keikutsertaan mahasiswa Indonesia dibidang olahraga Internasional.
  3. Mendorong peningkatan prestasi olahraga mahasiswa Indonesia sehingga mampu menunjang olahraga Nasional.
  4. Mendorong mahasiswa memiliki daya saing dan kompetisi serta meraih prestasi yang maksimal dalam bidang olahraga di kawasan ASEAN dan Internasional.
  5. Memberikan motivasi mahasiswa Indonesia untuk mampu mengembangkan wawasan Internasional khususnya dalam bidang olahraga.