Inilah Juara Kontes Kapal Cepat Nasional Tingkat Mahasiswa 2019

Wakil Rektor 3 Universitas Dr. Sidiq Sunaryo Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) resmi menutup Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Sabtu (12/10/2019). Acara ini juga dihadiri oleh Kasubdit Penalaran dan Kreativitas, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, Dr Misbah Fikrianto.

Misbah Fikrianto dalam sambutannya mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah sukses menyelenggarakan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019. “Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada UMM atas terlaksananya KKCTBN 2019 ini dengan excellent, sangat sukses,” ujar Misbah Fikrianto.

“Ada 3 hal yang membuat KKCTBN 2019 berbeda dari tahun sebelumnya yaitu pertama, jumlah peserta tahun ini 2 kali lipat dari tahun sebelumnya, kemudian tahun ini menggunakan aplikasi untuk penilaiannya sehingga nilainya sangat akuntabel dan transparan, dan  yang terakhir tahun ini ada poster yang juga menjadi kategori perlombaan,” tambahnya.

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 telah dilaksanakan di 2 lokasi perlombaan yaitu danau yang terletak di depan Gedung Kuliah Bersama I Kampus III UMM di Jalan Raya Tlogomas No. 246 dan Danau Taman Rekreasi Sengkaling UMM, salah satu unit bisnis legendaris milik Kampus Putih UMM di Jalan Raya Sengkaling No.194, Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 62 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah bertanding sejak 10 Oktober 2019 hingga 12 Oktober 2019. 62 tim ini terbagi dalam tiga kategori lomba yaitu  Kategori Kapal Kendali Otomatis, Kategori Kapal Cepat Listrik dengan Sistem Kendali Jauh, dan Kategori Kapal Cepat Berbahan Bakar dengan Sistem Kendali Jauh.

Setelah berjuang dalam perlombaan selama kurang lebih 3 hari kini telah ditentukan siapa yang akan keluar sebagai juara di masing-masing kategori lomba. Adapun pemenang Kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) yaitu Juara 1 diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (AEROSHIPS), Juara 2 oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BARUNASTRA ROBOBOAT ITS), Juara 3 oleh Universitas Indonesia (AUTONOMOUS MARINE VEHICLE), Best Design diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BARUNASTRA ROBOBOAT ITS), Best Spirit di raih oleh Universitas Sebelas Maret (ANTARES BUV) dan Tim Favorit diraih oleh Universitas Gadjah Mada (GAMANTARAY); Kategori Electric Remote Control (ERC) yaitu Juara 1 diraih oleh Universitas Gadjah Mada (GAMANTARAY), Juara 2 oleh Universitas Muhammadiyah Malang (TEAM UMM 2), Juara 3 oleh Universitas Sebelas Maret (EL MOANA), Best Design diraih oleh Universitas Negeri Malang (CAKRAWALA), Best Spirit diraih oleh Universitas Hang Tuah (HTMB AM NGERI), dan Tim Favorit diraih oleh Institut Pertanian Bogor (BARRACUDA V); dan Kategori Fuel Engine Remote Control (FERC) yaitu Juara 1 diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (CAKALANG 7), Juara 2 oleh Universitas Muhammadiyah Malang (TEAM UMM 1), Juara 3 oleh Universitas Negeri Surabaya (SEAWOLF), Best Design diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (CAKALANG 7), Best Spirit diraih oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (ONEPRO_MP), dan Tim Favorit diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang (TEAM UMM 1). Selain itu untuk kategori Best Poster diraih oleh Universitas Indonesia (AUTONOMOUS MARINE VEHICLE) dan untuk Fun Race kategori ERC diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (CAKALANG 3 PPNS) & kategori FERC diraih oleh Universitas Negeri Surabaya (SEAWOLF).

KKCTBN 2019 dengan tema “Teknologi Kapal untuk Menjaga Kedaulatan Bangsa di Era Revolusi 4.0” dengan maksud untuk meningkatkan kapasitas intelektual melalui ajang uji kreativitas mahasiswa, meningkatkan kemandirian dan kesiapan dalam menghadapi tantangan yang bersifat regional maupun global.

Misbah Fikrianto juga menambahkan bahwa melalui KKCTBN 2019 ini harapannya tidak berhenti pada tahapan lomba tetapi juga sampai pada tahapan tercipta produk komersial. (KLT)

13/10/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.