Pembukaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019


Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) tahun 2019 resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan, Didin Wahidin, pada 11 Oktober 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kontes ini merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti bersama Universitas Muhammadiyah Malang sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya Didin Wahidin berharap melalui kontes ini dapat menjadi media pembelajaran bagi peserta untuk mensejajarkan perkembangan teknologi industri 4.0 di Indonesia. “Ini merupakan ajang bagi mahasiswa untuk melakukan inovasi-inovasi demi kemajuan teknologi Indonesia, khususnya kemaritiman,” kata Didin.

KKCTBN tahun ini mengangkat tema yaitu “Teknologi Kapal untuk Menjaga Kedaulatan Bangsa di Era Revolusi 4.0”. Selain itu, penyelenggaraan kontes ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas intelektual melalui ajang uji kreativitas mahasiswa, meningkatkan kemandirian dan kesiapan dalam menghadapi tantangan yang bersifat regional maupun global.

Peserta akan diuji dengan 3 kategori yang diperlombakan. Pertama, Kapal Kendali Otomatis yaitu kapal didesain dan dibangun dengan peranti lunak elektronik otomatis atau sensor warna. Kedua, Kategori Kapal Cepat Listrik dengan Sistem Kendali Jauh. Kapal ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaga penggerak dengan bantuan remote control. Terakhir, Kategori Kapal Cepat Berbahan Bakar dengan Sistem Kendali Jauh.

“Penilaian kontes KKCTBN ini dilakukan terhadap setiap kategori dengan beberapa kriteria. Selain ditentukan berdasarkan waktu tercepat, pertimbangan dalam penilaian juga berupa manuver kapal dalam setiap rintangan pada lintasan. Ada pula penghargaan bagi desain kapal terbaik,” terang Dr. Nur Subeki, ST., MT. selaku Ketua Pelaksana KKCTBN Tahun 2019 di UMM saat ditemui Jumat (13/9) siang.

Peserta KKCTBN 2019 terdiri dari berbagai daerah dengan total 63 peserta (kategori 1 ada 17 peserta, kategori 2 ada 28 peserta, dan kategori 3 ada 18 peserta). Semua peserta ini merupakan peserta yang telah lolos ke babak final setelah melakukan 2 tahap seleksi sejak bulan Agustus 2019. Kini pada tanggal 10-12 Oktober 2019 peserta yang telah lolos akan bertanding kembali untuk memperebutkan gelar juara.(KLT/Editor HKLI)

13/10/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.