Wujudkan Kemandirian Teknologi Indonesia dengan Robot Terbang

Surabaya – Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menghelat penutupan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Lapangan Terbang Angkatan Laut Grati Pasuruan pada Jumat (04/10/2019).

KRTI 2019 yang dilaksanakan pada 1-4 Oktober 2019 diikuti sebanyak 42 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Penutupan KRTI 2019 yang dihadiri oleh 285 mahasiswa peserta KRTI 2019 dan dosen pendamping dari 42 perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya Didin Wahidin selaku Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa menyatakan bahwa kontes robot akan bermakna di masa depan. “Sebagai generasi masa depan bangsa diharapkan untuk saling berbaur antar peserta, bertukar pikiran dan saling membangun pola pikir untuk perkembangan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat,” sebutnya.

Dengan mengangkat tema Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Tanpa Awak, terdapat empat divisi lomba yang diselenggarakan, yaitu Divisi Racing Plane (RP) yang diikuti oleh 24 perguruan tinggi, Divisi Fixed-Wing (FW) yang diikuti oleh 25 perguruan tinggi, Divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL) yang diikuti oleh 24 perguruan tinggi, dan Divisi Technology Development (TD) yang diikuti oleh 22 perguruan tinggi.

Dalam penyelenggaraannya yang ketujuh, juara umum KRTI 2019 diraih oleh Universitas Gadjah Mada dengan tim Gamaforce yang memperoleh 4 medali (2 emas, 1 perak dan 1 perunggu). Ini adalah kali kelima Universitas Gadjah Mada menjadi juara umum ajang KRTI.

Kemenristekdikti melalui Ditjen Belmawa berupaya mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya dengan memberikan wadah untuk menyalurkan kompetensi dan kreativitas mahasiswa dalam bidang tersebut. Dengan diadakannya kontes ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi generasi penerus yang berprestasi dalam kemajuan teknologi, terutama di bidang robotika. (HKLI)

07/10/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.