Institut Teknologi Sepuluh Nopember Raih Juara Umum Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 telah resmi ditutup pada Sabtu, 28 September 2019 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM). Sebanyak 80 tim dari 45 Perguruan Tinggi dengan total 640 peserta telah bertanding sejak 24 September 2019. 80 tim ini terbagi dalam 4 kategori lomba yaitu Divisi RP (Racing Plane): “Fast and On Track”, Divisi FW (Fixed WIng):” Monitoring dan Mapping Wilayah Perbatasan”, Divisi VTOL (Vertical Ertical Take-Off Landing):”Autonomous Aerial Fire Extinguisher”, dan Divisi TD (Technology Development): “Next UAV Technology”.

“KMHE 2019 kali ini mengusung tema Utas Awij untuk Alam yang berarti satu jiwa untuk alam dengan membawa semangat kemahasiswaan dan cinta alam. Diharapkan dengan tema ini mampu menyatukan jiwa masyarakat demi kelestarian lingkungan melalui konsep kendaraan hemat energi.” jelas Ketua Panitia Penyelenggara KMHE 2019, Dr. Yoto, S.T., M.Pd. dalam sambutannya.

Penutupan KMHE 2019 dibuka dengan tarian dari Sanggar Tari Karawitan Asri Kusuma (STKAK) Universitas Negeri Malang. Kemudian dilanjutkan dengan awarding kepada para pemenang dari masing-masing kategori lomba dan awarding kepada juara umum KMHE 2019.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya KMHE kali ini terdapat trofi bergilir bagi juara umum yang diperebutkan. Trofi ini merupakan bentuk penghargaan dari UM kepada Ditjen Belmawa yang nantinya akan diserahkan kepada Juara Umum KMHE seterusnya. 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendapat kesempatan pertama untuk membawa pulang Trofi bergilir KMHE 2019. Trofi bergilir KMHE diserahkan langsung oleh Kasubdit Penalaran dan Kreatifitas, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemeristekdikti, Dr Misbah Fikrianto. Tahun ini merupakan tahun ketiga ITS meraih gelar Juara Umum KMHE.

“Ada 3 keistimewaan dalam penyelenggaraan KMHE 2019. Pertama, jumlah peserta yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Kedua, munculnya eco dan funrace yang menggunakan Jalan Jakarta Simpang Ijen. Dan yang terakhir KMHE 2019 dilaksanakan lebih maju,” kata Dr Misbah Fikrianto.

Melalui kontes ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dalam kemajuan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan. Mengingat persediaan  energi yang bersumber pada fosil yakni minyak dan gas bumi yang semakin menipis. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan sumber energi alternatif untuk melakukan penghematan energi fosil maupun untuk penerapan sumber energi baru. (HKLI/KLT)

02/10/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.