POMNAS XVI Jakarta 2019 Satukan Mahasiswa Seluruh Indonesia

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Jumat (13/09/2019) melaksanakan jalan sehat dan Konferensi Pers yang digagas oleh Sub-Direktorat Minat, Bakat, dan Organisasi Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI yang akan diselenggarakan pada tanggal 15-26 September 2019 mendatang di Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti tersebut dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar dan Direktur Kemahasiswaan, Didin Wahidin, Rektor Universitas Negeri Jakarta, Intan Ahmad. Hadir pula 50 mahasiswa Papua penerima Beasiswa Afirmasi dan Mahasiswa Penggerak Olahraga dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ismunandar selaku Dirjen Belmawa sangat mengapresiasi kegiatan ini karena POMNAS XVI Jakarta 2019 dapat menjadi ajang silaturahmi mahasiswa seluruh Indonesia dan memiliki misi khusus untuk merajut Persatuan dan Kesatuan NKRI mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

POMNAS XVI Jakarta 2019 diikuti 3404 atlet dari 33 provinsi di Indonesia. Para atlet akan mengikuti 19 cabang olahraga diantaranya bola basket, atletik, anggar, catur, bola voli, bulu tangkis, futsal, gulat, hockey indoor, judo, karate, kempo, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, sepak takraw, tarung derajat, cricket serta eSport.

“POMNAS ke 16 yang akan dilaksanakan di Jakarta, dan tuan rumahnya adalah BAPOMI DKI Jakarta yang dalam hal ini ketuanya dari Universitas Negeri Jakarta”, kata Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin dalam konferensi pers.Ia juga mengatakan bahwa kegiatan POMNAS XVI Jakarta 2019 dapat membentuk soft skill mahasiswa yang belum tentu bisa didapatkan pada kegiatan kurikuler di kampus.

Dengan tema “Semangat, Sportif dan Berprestasi”, Mohamad Nasir selaku Menristekdikti berharap agar POMNAS XVI Jakarta 2019 dapat mempererat hubungan antar mahasiswa dari daerah yang berbeda dan dapat saling mengenal di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, serta menghasilkan atlet-atlet nasional yang mampu bersaing di pertandingan kelas dunia.

POMNAS XVI ini diyakini memiliki posisi strategis. Selain untuk mencapai tujuan dan sasaran seperti umumnya, POMNAS XVI memiliki misi khusus untuk merajut Persatuan dan Kesatuan NKRI mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan slogan “NKRI Harga Mati”. (HKLI/ETD)

18/09/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.