428 Dosen di Sumatera Utara Belajar Teknis Kurikulum Berorientasi KKNI

Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Kurikulum Berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam Rangka Implementasi SN Dikti pada Era Industri 4.0.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (5/09/3029) di Hotel Four Point by Sheraton Medan ini dihadiri oleh 428 dosen (Prodi) dari perguruan tinggi di wilayah LL Dikti 1. Tujuannya, agar dosen dapat melakukan reorientasi kurikulum di instansi masing-masing sehingga tersusun capaian pembelajaran yang memuat kebutuhan profil lulusan.

Bimtek dibuka oleh Kasubdit Pendidikan Akademik, Sirin Wahyu Nugroho. Selanjutnya, sambutan dari Kepala LL Dikti Wilayah I, Dian Armanto. Dalam sambutannya, ia berharap kegiatan seperti ini dilakukan kembali di wilayah LL Dikti I, karena memiliki sekitar dua belas ribu dosen yang memerlukan bimbingan untuk melakukan reorientasi kurikulum.

“Kami berharap agar kegiatan ini tidak diselenggarakan sekali saja, tetapi bisa 3 sampai 5 kali karena kami memiliki dosen hampir dua belas ribu orang. Apabila seluruh dosen mendapatkan materi dalam Bimtek ini, diharapkan semua dosen dapat melakukan tugasnya dengan lebih baik, minimal membuat RPS sebagai pedoman untuk memberikan mata kuliah kepada mahasiswa,” ucap Dian.

Indonesia sendiri saat ini memiliki penjenjangan capaian pembelajaran yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Capaian pembelajaran diukur melalui parameter diskripsi kemampuan, pengetahuan, tanggung jawab, dan hak yang dikenal sebagai deskriptor KKNI.

Berdasarkan pada deskriptornya, KKNI dipresentasikan dalam jenjang sembilan sebagai level tertinggi. Untuk itu sosialisasi dan pembimbingan kepada dosen melalui pelatihan pembelajaran perlu dilakukan secara intensif agar lulusan mahasiswa memiliki pengetauan dan kemampuan sesuai dengan level jenjang pendidikan yang ditempuhnya.

Pemaparan materi kemudian dilanjutkan oleh narasumber yang ahli dalam bidang kurikulum di perguruan tinggi, diantaranya Hendrawan Soetanto dari Universitas Brawijaya dan Edy Cahyono dari Universitas Negeri Semarang. Selain itu, turut diundang pula Martina Restuati dari Universitas Negeri Medan sebagai narasumber untuk penyusunan RPS dan membimbing langsung para peserta mempresentasikan RPS instansinya masing-masing (Pend. Akademik/YY)

09/09/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.