Siapkan Technopreneur di Kalangan Milenial, Ditjen Belmawa Selenggarakan Cloud Computing Bootcamp

Perkembangan pesat dunia digital, membuat peran komputasi awan (cloud computing) menjadi semakin penting dalam berbagai sektor kehidupan, sehingga pendidikan tinggi harus mampu menghasilka sumber daya manusia yang menguasai bidang tersebut. Hal ini mendorong Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) menyelenggarakan Cloud Computing Bootcamp.

Acara bootcamp ini diikuti sekitar 200 mahasiswa yang dilaksanakan selama tiga hari (13-15/08/2019) bertempat di Kampus Universitas Hasanuddin Makasar. Bootcamp ini memanfaatkan konten yang disediakan Amazon Web Services (AWS) melalul AWS Educate, yaitu konten global yang menyediakan seperangkat konten pembelajaran yang compact, sumber daya, dan AWS Promotional Credits.

“Tugas mahasiswa saat ini lebih berat karena selain kemampuan akademik, mereka juga harus menguasai softskill yang lain untuk dapat bersaing di era industri digital,” tutur Kepala Subdirektorat Pembelajaran Khusus DItjen Belmawa, Uwes A. Chaeruman, dalam sambutannya.

Uwes melanjutkan bahwa secara khusus kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan bekal dasar bagi mahasiswa di bidang start up, sehingga menginspirasi mereka menjadi technopreneur muda yang memanfaatkan data.

Pembelajaran dalam acara bootcamp ini dipimpin oleh instruktur menggunakan layanan AWS Cloud dengan menggunakan kurikulum Esensi Praktisi Cloud, di mana peserta terlibat dalam sesi praktikum dan berbagi wawasan tentang kisah-kisah AWS.

Peserta juga dibekali dengan Alexa Skills, yaitu wawasan tentang pengalaman berbasis masa depan suara serta peserta antusias dalam mengemukakan ide tentang keterampilan Alexa untuk membangun, menggunakan proses desain, atau mencoba membangun keterampilan mereka sendiri.

Acara ini juga menghadirkan AWS Game Day – Gamified Hackathon yaitu semua peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok di mana mereka akan berpartisipasi. Setiap kelompok diberi skenario komputasi awan dunia nyata untuk menghasilkan solusi inovatif.

Pada akhir acara, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ismunandar, mengatakan harapannya agar acara Cloud Computing Bootcamp ini dapat menjadi jawaban atas kebutuhan tenaga kerja yang memiliki keterampilan cloud computing serta mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan.

“Pelaksanaan bootcamp ini merupakan salah satu bentuk komitmen Kemeristekdikti dalam upaya mendorong perguruan tinggi sebagai institusi formal dalam menempa para peserta didiknya untuk menciptakan generasi yang mengerti teknologi dan mampu menjadi technopreneur andal serta pengusaha start up untuk bersaing dalam arena global,” pungkas Ismunandar. (Ditbela dan HKLI)

24/08/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.