Rina Indiastuti Paparkan Keberhasilan Area Manajemen Perubahan Reformasi Birokrasi di Kemenristekdikti

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Rina Indiastuti, memberikan paparan terkait manajemen perubahan reformasi birokrasi di Kementristekdikti. Ia berbicara selaku Manajer Area Manajemen Perubahan Tim Reformasi Birokrasi Kemenristekdikti.

Acara yang digelar di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti pada Rabu (21/08/2019) tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Reformasi Birokrasi Kemenrsitekdikti, perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), serta delapan manajer area Tim RB Kemenristekdikti, mulai dari manajer area perubahan hingga manajer area peningkatan kualitas pelayana publik.

Hadir pula para tamu undangan, khususnya internal Kemenristekdikti untuk refleksi pelaksanan reformasi birokrasi di Kemenristekdikti serta rencana ke depan.

Rina Indiastuti menyampaikan bahwa dalam area manajemen perubahan, dilakukan beberapa pelaksanaan guna menyukseskan reformasi birokrasi di Kemenrsitekdikti. Yaitu dengan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas Tim  Reformasi Birokrasi yang secara berkala untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Riset,  Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Selain itu, selaku manajer Rina pun harus mampu mengembangkan nilai-nilai untuk menegakkan integritas; pembentukan agen perubahan yang dapat mendorong terjadinya perubahan pola pikir; serta pembangunan sistem informasi reformasi birokrasi.

Melalui beragam upaya, tim Reformasi birokrasi menurutnya telah melakukan berbagai kegiatan guna menciptakan pola pikir (mind-set), budaya kerja (culture-set), dan perubahan sistem (system-set) yang  efektif, efisien, produktif,  dan professional.

Hasil Manajemen Perubahan

Upaya itu pun membuahkan beberapa hasil, mulai dari terbitnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  Nomor 15 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja di  Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.  Kemudian dilanjutkan dengan penataan pegawai sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi yang mencerminkan visi dan misi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Selain itu, telah dibentuk Tim Reformasi Birokrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi,  dan Pendidikan Tinggi Nomor 539/M/Kp/X/2015 tanggal 21 Oktober 2015 tentang Tim Reformasi di Lingkungan Kementerian  Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Selain beberapa bentuk peraturan, telah dilaksanakan pula kegiatan nyata untuk reformasi birokrasi Kemenristekdikti. Melalui pelaksanaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada  bulan Juni tahun 2015, penyusunan dan penetapan nilai-nilai (values) Kemenristekdikti, sosialisasi Budaya Anti Korupsi melalui beragam media komunikasi,  serta penunjukkan model panutan (role model) pengembangan budaya kerja Kementerian tahun 2009-2014.

Rina pun memberikan contoh baik (good practices) keberhasilan reformasi birokrasi di Kemenristekdikti, yaitu Penyetaraan Ijazah Luar Negeri yang menerapkan sistem daring. Penyetaraan Ijazah Luar Negeri itu pun berhasil meraih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 pada bulan Juli 2019.

Hasil inovasi dalam pelayanan publik penyetaraan ijazah luar negeri ini pun sangat signifikan. Tercatat pada tahun 2017 (proses penyetaraan semi-daring), sebanyak 4.961 Surat Keputusan (SK) diterbitkan, sedangkan pada tahun 2018 (proses penyetaraan sepenuhnya secara daring), SK yang diterbitkan meningkat hingga 5.382 SK. Selain itu, terjadi peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat dari 72,3% menjadi 75,5%.

Reformasi Birokrasi, meskipun telah menunjukkan beberapa hal positif, akan terus ditingkatkan. Di antaranya melalui pembentukan Agen Perubahan per unit utama dengan mewakili komponen yang ada, penguatan agen perubahan dengan pelatihan dan pembuatan aksi perubahan, serta lokakarya budaya kerja atau merit based. (HKLI/MFR)

21/08/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.