20 Dosen Politeknik Dilatih Kembangkan Digital Signal Processing untuk Penuhi Kebutuhan Industri

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan National Institute of Technology (Kosen) Jepang menyelenggarakan pelatihan Digital Signal Processing (DSP) dengan peserta sebanyak 20 dosen dari sepuluh perguruan tinggi, bertempat di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), 12-16 Agustus 2019.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen untuk dalam bidang DSP.  “Skema bidang DSP belum berkembang, sementara kebutuhan industri besar. Harapannya para peserta dapat bertindak sebagai trainer di kampus masing-masing bagi dosen lainnya, dan dapat menyajikan sertifikasi bagi mahasiswanya,” jelas Project Management Unit (PMU) Polytechnic Education Development Project (PEDP), Budi Santoso.

Selain itu, Budi menambahkan bahwa jejaring antar peserta dinilai penting untuk pengembangan program di masing-masing program studi sessuai dengan kebutuhan industri.

Kepala Subdirektorat Pendidikan Vokasi dan Profesi, Hendra Suryanto, menilai Politeknik di Indonesia membutuhkan pelatihan-pelatihan bagi para pengajar untuk mengembangkan pendidikan dan program studi yang sesuai dengan kebutuhan revolusi industri.

”Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan akan terus mengupayakan pengembangan program dan kerja sama  dengan berbagai pihak, khususnya PEDP untuk implementasinya,” jelas Hendra.

Prof. Shimada Yasuyuki sebagai tenaga ahli dalam bidang DEP dari Kosen menjadi narasumber pelatihan. Ia menyampaikan bahwa kerja sama program ini sangat penting bagi politeknik di Indonesia dengan adanya perkembangan industri. Ia mengharapkan kerja sama dapat terus berkesinambungan.

Hadir narasumber lain dari dosen PENS, yaitu Titon Dutomo, Miftahul Huda, Tri Audi Santoso dan Hary Oktavianto. PENS merupakan salah satu politeknik yang memiliki program studi relevan dan menjadi leading sector dalam bidang DSP. Direktur PENS, Zainal Arif, menyambut baik dan mendukung terlaksananya kegiatan ini.

20 dosen pun bersemangat dalam mengikuti pelatihan. Mereka berasal dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Manufaktur Bandung, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Jambi dan Universitas Negeri Padang.

Program pelatihan ini sendiri merupakan hasil kerja sama dari perintisan dan pembahasan Direktur Pembelajaran sekaligus Direktur PEDP, Paristiyanti Nurwardani dengan perwakilan KOSEN Matsumoto pada April dan Mei 2019.

Program selanjutnya akan dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam pada 26-30 Agustus 2019 dengan topik Aerial Photographing and 3D Surveying by using UAV. Kerja sama bukan saja dilaksanakan di Indonesia, juga di Jepang pada Oktober 2019 dengan beberapa topik bahasan yang berbeda dan akan diikuti sebanyqak 10 dosen politeknik. (Belmawa/HS dan MFR).

19/08/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.