Pelayanan publik pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan TIDAK DIKENAKAN BIAYA. Jika ditemukan pelanggaran, silakan hubungi : ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id, telp: 02157946072. Maklumat Pelayanan Ditjen Belmawa.
Home » Berita

Tim Atlet Mahasiswa Indonesia Berpartisipasi dalam The 30th Summer Universiade Napoli 2019

07/07/2019

30.000 penonton berkumpul di Stadion San Paolo pada upacara pembukaan The 30th Summer Universiade Napoli 2019 pada Rabu, 3 Juli 2019.  Presiden Italia, Sergio Mattarella, membuka langsung acara tersebut. Turut hadir juga Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Handayani, untuk memberikan dukungan langsung pada Tim Indonesia.

The 30th Summer  Universiade Napoli 2019 merupakan perhelatan olah raga internasional untuk atlet universitas dan perguruan tinggi yang diikuti oleh 8000 atlet dari 120 negara diseluruh dunia. Indonesia mengirimkan sebanyak 51 atlet mahasiswa  dari 7 cabang olah raga, di antaranya panahan, senam, atletik, loncat indah, renang, tennis dan taekwondo. Semua atlet terpilih merupakan atlet nasional yang sudah punya prestasi internasional.

11 orang pelatih dan 6 orang officials dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) turut mendampingi untuk mensukseskan kemenangan Tim Indonesia. Tim Indonesia ini telah dipilih dan didelegasikan melalui Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (PP Bapomi) di mana Direktur jenderal Pembelajaran dan Keahasiswaan sebagai Ketua Umum Bapomi.

Saat sambutan, Presiden International University Sports Federation (FISU), Oleg Matytsin, mengatakan bahwa semua perjalanan kita telah terhubung dengan sejarah olahraga Universiade. “Di sini, di Italia, di mana Universiade dimulai 60 tahun yang lalu. Dari sini, gerakan kita telah menyebar ke seluruh dunia, dan sekarang kita kembali lebih kuat karena pelajaran olahraga terbukti menjadi lebih kuat,” ujarnya.

Sehari setelah pembukaan, kontingen Indonesia dikunjungi kembali oleh Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Handayani, dengan didampingi oleh Konsul Kehormatan Indonesia di Napoli,  Giuseppe Testa.

Ketua delegasi Tim Indonesia, Direktur Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, Didin Wahidin, menyambut kedatangan mereka. Pada kesempatan itu, Didin berpesan kepada semua delegasi untukmenjaga nama baik bangsa dalam berperilaku dan bertutur kata, mentaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh panitia, serta menjaga sportivitas dalam bertanding.

Kemenristekdikti mengharapkan mahasiswa yang mengikuti The 30th Summer Universiade Napoli 2019 dapat membangun semangat nasionalisme, yang merupakan salah satu bentuk aksi bela negara dari mahasiswa. Diharapkan atlet mahasiswa dapat menunjukkan prestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.