Pelayanan publik pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan TIDAK DIKENAKAN BIAYA. Jika ditemukan pelanggaran, silakan hubungi : ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id, telp: 02157946072. Maklumat Pelayanan Ditjen Belmawa.
Home » Berita

Menilik Mutu Perguruan Tinggi Melalui Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI)

22/06/2019

Direktorat Penjaminan Mutu terus berupaya membangun budaya mutu pendidikan tinggi. Salah satu programnya ialah mencetak sebanyak-banyaknya auditor mutu internal melalui Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI). Para auditor nantinya akan melakukan audit mutu di perguruan tinggi masing-masing dalam rangka proses peningkatan mutu perguruan tinggi secara nasional.

Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI) batch II tahun 2019 diselenggarakan di Hotel The Rinra, Makassar pada 18-20 Juni 2019 bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai perguruan tinggi auditee yang menyediakan dokumen program studinya untuk dijadikan praktik audit dokumen.

Lokakarya dibuka oleh Kasubdit Penguatan Mutu, Masluhin Hajaz didampingi Kasi Revitalisasi Program, Sri Hariyanti ; staf Subdit Penguatan Mutu, dan para narasumber antara lain Prof. Hartanto Nugoroho, Dr. Retno Indrati, Dr. Gentur Sutapa, Ir. Achmad Wicaksono, Ph.D., Dr. Alberta Rika, dan Dr. Elvi Rusmiyanto.

“Dengan terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu dapat mendukung daya saing bangsa,” ujar Kasubdit Penguatan Mutu, Masluhin Hajaz. Menurutnya, agar dapat bersaing sebuah bangsa haruslah berkualitas, dan satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas sebuah bangsa adalah dengan memberikan pendidikan yang bermutu. “Dengan diadakannya lokakarya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai upaya membangun mutu dan menciptakan lulusan yang berkualitas,” imbuhnya.

Lokakarya AMI diikuti 88 orang peserta dari beberapa perguruan tinggi wilayah Sulawesi Selatan ini berlangsung selama tiga hari. Peserta dibagi dalam 3 kelas, dan masing-masing kelas difasilitasi oleh 2 orang fasilitator.

Lokakarya diawali dengan paparan rambu-rambu pelatihan AMI, Pengertian AMI, Perencanaan AMI, Pelaksanaan AMI, Kode Etik auditor, dan praktik AMI dokumen menggunakan dokumen SPMI dari 15 program studi milik UNM. Dokumen SPMI itu antara lain berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Geografi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Otomotif, Pendidikan Teknik Elektronika, Penjaskesrek, PGSD, Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Seni Rupa.

Praktik audit dokumen dilakukan di lokasi lokakarya dengan menghadirkan para kepala Program Studi sebagai auditee. Proses audit dilakukan langsung oleh para peserta yang bertindak sebagai auditor sedangkan para narasumber hanya sebagai pengamat. Hasil laporan audit oleh peserta disampaikan kepada para auditee sebagai masukan pelaksanaan SPMI di UNM.

Dalam penutupan lokakarya, Kasubdit Penguatan Mutu menyampaikan bahwa Direktorat Penjaminan Mutu sangat berharap agar keberadaan auditor mutu internal dapat membantu mengidentifikasi permasalahan di perguruan tinggi dan memberikan rekomendasi tindak lanjutnya untuk peningkatan mutu di perguruan tinggi. Auditor yang dilatih juga diharapkan bisa membantu pelaksanaan audit mutu internal di perguruan tinggi sekitarnya yang masih belum memiliki auditor mutu internal.

Penutupan lokakarta ditandai dengan pelepasan tanda peserta perwakilan ketiga kelas sekaligus penyerahan sertifikat kepesertaan secara disombolis kepada perwakilan masing-masing kelas yaitu Ibu A. Ita Juwita dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Bapak Kassaming dari Stikes Muhammadiyah Sidrap, dan Bapak Johannes Aldrin Timbuleng dari Universitas Katolik De La Salle. Untuk peserta yang memenuhi syarat kelulusan akan diberikan sertifikat kelulusan yang akan dikirimkan ke perguruan tinggi masing-masing. (PENJAMU/ HZ-AA)