Belmawa Dorong Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur untuk Berperan Aktif dalam Pendidikan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Balikpapan (24/5/2019). Lebih dari lima puluh dosen perguruan tinggi di wilayah Balikpapan dan sekitarnya secara antusias mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Khusus yang dilaksanakan di Universitas Balikpapan pada tanggal 23-24 Mei 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui subdit Pembelajaran Khusus ini dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Balikpapan Bapak Casmudi. Kasubdit Pembelajaran Khusus Belmawa Uwes Anis Chaeruman dalam memberikan sambutan mengingatkan akan hak-hak pendidikan bagi para mahasiswa disabilitas, “Pendidikan merupakan hak dari seluruh warga negara, termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus, dan perguruan tinggi wajib memfasilitasi dan melayani para mahasiswa berkebutuhan khusus ini, sesuai dengan Permenristekdikti nomor 46 tahun 2017.“

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Akademik Kemahasiswaan dan Sumber Daya LLDIKTI Wilayah XI, Rinawati Agustini.  Asep Supena, salah satu narasumber dari UNJ, menyampaikan bahwa layanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Perguruan Tinggi bersifat wajib, sehingga perguruan tinggi yang belum memiliki layanan ini diharapkan segera mendirikannya. Adapun jenis kebutuhan khusus yang kerap ditemui di perguruan tinggi meliputi tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, autis, serta ADD/ADHD (Attention Deficit Disorder/ Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Selain Asep Supena, empat orang narasumber turut memberikan paparan yakni Munawir Yusuf (UNS), Hartini Nara (UNJ), Choiri Salim (UNS), serta Arsy Anggrellanggi (UNS). Adapun paparan yang diberikan pada acara bimtek yakni seputar mahasiswa berkebutuhan khusus, mulai dari layanan pendidikan khusus di Peguruan Tinggi, penjelasan mengenai jenis-jenis kebutuhan khusus, hingga kelas singkat mempelajari bahasa isyarat yang berguna dalam menghadapi mahasiswa tuna rungu. Para peserta bimtek tutor pensus terlihat antusias mempelajari lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam bahasa isyarat, dengan dipandu oleh Arsy Anggrellanggi.

Bimbingan teknis bagi tutor pendidikan khusus ini akan dilaksanakan secara terus menerus di berbagai wilayah di Indonesia, untuk memberikan pemahaman akan pentingnya pelaksanaan layanan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di tiap perguruan tinggi (NIF/Belmawa).

31/05/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.