Pelayanan publik pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan TIDAK DIKENAKAN BIAYA. Jika ditemukan pelanggaran, silakan hubungi : ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id, telp: 02157946072. Maklumat Pelayanan Ditjen Belmawa.
Home » Sekretariat

Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Ditjen Belmawa 2018

17/05/2019

Monitoring dan evaluasi merupakan salah satu aktivitas dari rangkaian kegiatan perencanaan dan pelaksanaan progam dalam satuan kurun waktu tertentu.

Monitoring merupakan pengumpulan data dan informasi secara sistematis berdasarkan indikator input, proses, output, outcome dan dampak untuk memberikan informasi pada penyusun kebijakan program. Tujuan monitoring adalah untuk mengetahui keberlangsungan program dan komponen-komponen program yang mencakup input, proses, output dan outcome satu tahun berjalan. Evaluasi merupakan penilaian yang sistematis dan objektif yang berkaitan dengan ketercapaian indikator input, proses, output, outcome dan dampak. Tujuannya untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas serta keberlanjutannya (value of money).

Kegiatan monitoring dan evaluasi program di Ditjen Belmawa ini dilakukan untuk pelaksanaan program tahun 2018 difokuskan pada kegiatan prioritas nasional dan prioritas bidang Eselon 1. Program prioritas nasional meliputi Bidikmisi, Afirmasi pendidikan tinggi (Adik), Revitalisasi LPTK, KKN tematik Papua, dan Program Profesi Pendidikan guru (PPG).

Kegiatan prioritas bidang Eselon 1 diantaranya Sistem pembelajaran daring (SPADA), Transfer Kredit PERMATA, KKN Kebangsaan, Program kreativitas mahasiswa, Perguruan tinggi asuh, Klinik SPMI dan Layanan yang diberikan langsung pada masyarakat. Instrumen monitoring dan evaluasi telah disusun dan digunakan untuk mendapatkan informasi sesuai tujuan yang telah ditetapkan bersumber dari pengelola program dan penerima manfaat program yaitu perguruan tinggi, mahasiswa, dan pemangku kepentingan lain.

Melalui monitoring dan evaluasi dapat diketahui permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan. Dengan demikian, segera dapat dilakukan upaya untuk memperbaiki kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana, mengoreksi ketidaktepatan aturan dan sumber-sumber, serta untuk mengupayakan agar tujuan dicapai seefektif dan seefisien mungkin.

Harapannya, semua program yang telah direncanakan Ditjen Belmawa untuk tahun 2018 dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menjadi modal berharga untuk perencanaan program pada tahun-tahun mendatang.

Atas selesainya laporan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi khususnya kepada tim penyusun laporan yang telah melaksanakan tugas dengan dedikasi dan integritas yang tinggi.

Jakarta, 31 Desember 2018
Sekretaris Dijen Belmawa

TTD

Rina Indiastuti

--------
Silakan unduh Laporan Monitoring dan Evaluasi Ditjen Belmawa 2018:
Laporan Monev Belmawa 2018