Lima Tim Robotika Berjaya di KRI Regional III

Kembalinya digelar Kontes Robot Indonesia Regional III pada Kamis hingga Sabtu (25-27/04/2019) telah menemukan jawaranya. Kompetisi yang digelar di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto ini dimenangkan oleh lima tim dari empat universitas yang berkompetisi di lima divisi perlombaan.

Kelima tim yang berhasil mendapatkan predikat I adalah Tim Maestro_Evo dari Universitas Gadjah Mada yang memenangkan divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI), Tim Gateng Punk dari Universitas Negeri Yogyakarta untuk divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia-Berkaki (KRPAI Berkaki), Tim Useros dari Universitas Negeri Semarang yang menang di divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI Beroda), Tim R-SCUAD dari Universitas Ahmad Dahlan yang berhasil memenagkan kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI Humanoid), serta Tim ROSEMARY dari Universitas Negeri Yogyakarta yang berhasil menang di kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Dalam helatan ini, hadir pula Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Ismunandar yang mengatakan bahwa adanya kontes ini dapat meningkatkan minat mahasiswa terhadap penemuan teknologi berupa Robot.

“Di era digital saat ini, kemampuan digital, kemampuan programming dan kemampuan robotik sangat penting sehingga kita terus dorong untuk berkarya pada bidang ini.’ tuturnya saat memberikan sambutan untuk membuka KRI di Purwokerto.

Berbeda dengan Kontes Robot Indonesia 2018 yang diadakan di Universitas PGRI Semarang dengan total 74 tim sebagai peserta. Di tahun yang sama Universitas Gadjah Mada menjadi juara umum di KRI Regional III 2018 yang berhasil menang di empat kategori perlombaan, yaitu Juara 1 Divisi KRAI, Juara 2 Divisi KRPAI, Juara 3 Divisi KRSBI dan Juara 3 Divisi KRSTI.

Pemenang KRI Tingkat Regional III 2019 nantinya akan berlaga di tingkat Nasional yang akan dijadwalkan pada bulan Juni 2019 mendatang di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. (SGD/HKLI)

04/05/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.