Bimtek Penulisan Buku Digital tingkatkan Profesionalisme Dosen

Belmawa (27/4/2019). Perkembangan teknologi digital yang semakin cepat saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap aspek kehidupan manusia. Kehadiran internet sangat mempercepat perolehan informasi tanpa terhambat oleh jarak, ruang dan waktu. Kehadiran teknologi digital mampu mengubah peradaban manusia, salah satu bukti kongkrit kehadiran teknologi digital dengan berubahnya media informasi seperti buku diterbitkan menggunakan kertas yang dikonversikan ke dalam bentuk digital menjadi buku digital.

Merespon perkembangan teknologi tersebut, Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memfasilitasi perguruan tinggi untuk melakukan perubahan media informasi seperti buku yang menggunakan buku konvensional menjadi buku digital dengan mengadakan pelatihan penyusunan buku digital yang dilaksanakan di Universitas Pasundan.

 

Direktur Pembelajaran Paristiyanti Nurwardani dalam sambutan pada kegiatan Bimbingan teknis Penulisan Buku Digital pada hari Sabtu (27/04/2019) bertempat di Universitas Pasundan menyampaikan apresiasi terhadap UNPAS dalam mendukung kebijakan dan program Kemenristekdikti salah satunya melaksanakan kegiatan bimbingan teknis penulisan buku gital “Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Direktorat Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti dengan Universitas Pasundan dan kerjasama ini patut menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain ” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Paris, dalam era perkembangan teknologi saat ini, dosen harus menguasai literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia, selain itu mampu mengembangkan konsep C4 HOT (Communication, Collaboration, Creative thinking,  Critical thinking,  and Higher Order Tinking skills) “kegiatan bimbingan teknik penulisan buku Digital ini menjadikan dosen lebih professional  dan mampu meningkatkan  pembelajaran menjadi baik karena peserta didik saat ini menguasai teknologi digital” harapnya.

Sementara  itu Wakil Rektor 1 Djadja Sutedja yang mewakili Rektor Universitas Pasundan menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang telah memberikan kesempatan pada UNPAS untuk menyelenggarakan kegiatan Bimbingan teknis penulisan buku Digital sekaligus ikut mendukung suksesnya pelaksanaan program Kemenristekdikti tegasnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan dosen mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus sebagai upaya meningkatkan kompetensi diri dosen dalam melaksanakan tugasnya. Dosen yang kurang produktif menulis harus bisa berubah menjadi dosen yang produktif. Oleh karena itu Dosen harus berubah dan memiliki kebanggaan sebagai profesi dosen “Kegiatan ini merupakan upaya Universitas Pasundan meningkatkan kualitas dan kompetensi Dosen dalam hal penulis buku khususnya penulisan buku digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini”tegasnya.

Kegiatan bimbingan teknis penulisan buku digital diikuti oleh 100 orang dosen dari berbagai perguruan yang ada di Jawa Barat maupun DKI Jakarta yang didampingi unsur pimpinan Universitas Pasundan dengan menghadirkan narasumber Cecep Kustandi (Ditjen Belmawa/Universitas Negeri Jakarta), kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat respon dari peserta terbukti dari beberapa peserta cukup aktif berdikusi dan berinteraksi dengan mengajukan berbagai pertanyaan seputar penulisan buku digital.

NF/Direktorat Pembelajaran

02/05/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.