80 Juara Terpilih, ONMIPA PT Dorong Mahasiswa MIPA Kuasai Bidangnya

Makassar, Belmawa – Pelaksanaan Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2019 yang diikuti oleh 256 finalis dari 83 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta telah selesai dilaksanakan pada Jumat hingga Senin (26-29/04/2019) di Univesitas Muslim Indonesia (UMI). Sebelumnya, para finalis telah mengikuti rangkaian seleksi  tingkat Perguruan Tinggi (PT), dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

Setelah mengikuti tahapan seleksi dua hari berturut-turut sebanyak 80 juara dari empat bidang studi Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia telah diumumkan bertempat di Auditorium Al-Jibra kampus UMI pada Senin (29/04/2019). Seluruh juara terdiri dari tiga peraih medali emas, lima peraih medali perak, tujuh peraih medali perunggu, dan lima peraih Honorable Mention.

Dari masing-masing kategori lomba yang terdiri dari bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi keluarlah tiga pemenang medali emas, lima pemenang medali perak, tujuh pemenang medali perunggu, dan lima Honorable Mention. Seluruhnya mendapatkan hadiah berupa Sertifikat Penghargaan dari Direktur Kemahasiswaan dan dana pembinaan, sejumlah Rp 7.000.000,00 untuk peraih medali emas, Rp 5.000.000,00 untuk peraih medali perak, Rp 3.000.000,00 untuk peraih medali perunggu, dan Rp 1.500.000,00 untuk Honorable Mention.

Kepala Subdirektorat Penalaran dan Kreatifitas, Direktorat Jenderal Pemebelajaran dan Kemahasiswaan, Misbah Fikrianto sebagai Person In Charge (PIC) dalam ajang ini menyampaikan pada sambutannya ucapan terima kasih serta apresiasi yang besar seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi untuk mahasiswa MIPA ini. “Kegiatan ini menjadi bagian dari proses dan tidak ada yang tidak mungkin dengan usaha yang baik dan ridho Tuhan Yang Maha Esa” ujar Misbah.

Hadir pula memberikan sambutan Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE. M.Si, berpesan kepada finalis bahwa Revolusi Industri 4.0 saat ini mengharuskan perguruan tinggi untuk berhadapan dengan berbagai masalah, ketidakpastian, bahkan ambiguitas. “Tantangan abad ke- 21 adalah membangun karakter, moral dan kinerja” tuturnya.

Kemenristekdikti melalui Ditjen Belmawa berkomitmen untuk semakin meningkatkan kualitas para juara di kompetisi ini. Maka dari itu, pemenang ONMIPA-PT tingkat Nasional bidang Matematika akan diberangkatkan ke ajang International Mathematics Competition for University Student (IMC) yang akan diselenggarakan pada bulan Juli hingga Agustus 2019 di Blagoevard, Bulgaria.

ON MIPA-PT yang sudah eksis sejak tahun 2009 terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kompetisi serta selalu mendorong mahasiswa MIPA untuk semakin terampil dan menguasai bidangnya sehingga akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di masa depan. Selain itu, daya saing anak bangsa menjadi semakin terlatih agar di masa depan dapat semakin mengharumkan nama bangsa. Selamat kepada seluruh pemenang! (WAS/SGD/HKLI)

Lampiran :
30/04/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.