Ajang Bergengsi Tingkat Perguruan Tinggi ON-MIPA 2019 Telah Dimulai!!


Makassar, Belmawa – Bertempat di auditorium Al-Jibra kampus Universitas Muslim Indonesia(UMI). 256 mahasiswa finalis Olimpiade Matematika Ilmu Pengetahuan Alam(ON MIPA) dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi Nasional  memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu.  Rangkaian kegiatan dimulai dari tanggal 27 sampai dengan 29 April 2019.

Seluruh peserta merupakan hasil seleksi dari tingkat Perguruan Tinggi(PT), dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Adapun Bidang studi yang dipertandingkan adalah Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia, dimana setiap bidang studi diikuti oleh 64 finalis. “ON MIPA-PT 2019 mempunyai tujuan untuk meningkatkan prestasi akademik, wawasan, dan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap bidang MIPA”, tutup  Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH. MH,  Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Muslim Indonesia pada laporannya sebagai panitia pelaksana ON MIPA-PT 2019.

Hadir juga dalam acara pembukaan Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. H. Basri Modding, SE. M.Si menyampaikan, ON MIPA-PT 2019 sesuai dengan  visi kampus yang ingin menghasilkan generasi bangsa dan umat Islam yang memiliki akhlaq mulia, profesional, dan berwawasan Islam dalam disiplin-disiplin ilmu yang seluas-luasnya. Pada akhir sambutannya Prof. Basri berpesan kepada finalis  “jadikanlah ajang ini sebagai silaturahmi dan selamat berlomba!”.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar  berpesan “besok akan berlomba, kalau besok lomba, malam ini jangan buka buku lagi, nanti rontok semua!” ujar Dirjen Ismunandar disambut tawa para finalis dan peserta yang hadir. Dirjen menambahkan bahwa saat ini  Ditjen Belmawa mempunya 3 program penting yang pertama adalah peningkatan kualitas mahasiswa. Kedua, relevansi pendidikan dengan perubahan zaman saat ini era revolusi Industri 4.0 semua serba internet of things banyak hal terotomatisasi sehingga manusia dituntut harus lebih pintar. Yang ketiga adalah akses ke pendidikan tinggi, dari awal ONMIPA tahun 2014 diadakan sampai 2019 peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi usia 19-24 hanya meningkat 6% saat ini menjadi 35%. Dalam lima tahun kedepan Indonesia mempunyai ambisi sebesar untuk meningkatkan APK sebesar 50%.

Melalui ajang ini dari 256 finalis yang terpilih , diharapkan dapat membawa dampak untuk peningkatan kualitas MIPA diseluruh Indonesia khususnya mahasiswa. Tidak lupa Dirjen mengucapkan selamat kepada finalis terpilih,  dan berharap mudah-mudahan kecintaan finalis pada sains dapat terus dipelihara. “Saat ini penelitian dasar sudah sangat penting, karena semua inovasi berasal dari penelitian dasar”, tegas Dirjen Ismunandar.
Terima kasih panitia yang bekerjasama dengan panitia lokal untuk menyelenggarakan dengan sukses,
selamat semoga semua berjalan dengan lancar, tertib dan sukses, kita tunggu hasilnya, dan sekali lagi kami ucapkan selamat kepada  semua finalis”, Tutup Dirjen Ismunandar  sekaligus secara resmi membuka ON MIPA-PT 2019. (WAS)

28/04/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.