Galakkan Quality Assurance, Belmawa Berikan Seminar Budaya Mutu

Sebanyak 150 Perguruan Tinggi se-Kalimantan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) guna meningkatkan mutu institusi masing-masing. Melalui Direktorat Penjaminan Mutu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan layanan sosialisasi dan pelatihan dalam Seminar Budaya Mutu yang ditujukan kepada Perguruan Tinggi yang diwakilkan oleh pimpinan Perguruan Tinggi di Kalimantan yang berada di bawah LLDIKTI XI.

Acara yang digelar pada Rabu hingga Kamis (27-28/04/2019) ini membahas tentang  penerapan Quality Assurance untuk peningkatan mutu Pendidikan Tinggi yang dalam hal ini diartikan sebagai pola pikir, pola sikap, dan pola berperilaku berdasarkan standar Perguruan Tinggi dan dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof. Ir. H. Udiansyah MS.

Dalam seminar tersebut, dipaparkan bahwa belum banyaknya Perguruan Tinggi yang urung bergerak untuk menerapkan Quality Assurance, diharapkan pemangku kepentingan Perguruan Tinggi dapat membangun dan memberikan pemahaman kepada internal Perguruan Tinggi mengenai nilai-nilai budaya mutu Pendidikan Tinggi.

Maka dari itu, berbagai macam hal dibahas dalam seminar ini, mulai dari Kebijakan dan Program dari Penjaminan Mutu selaku penyelenggara hingga Praktik Baik Membangun Mutu Perguruan Tinggi. Dilakukan pula Deklarasi Budaya Mutu Perguruan Tinggi oleh 150 Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI XI.

Langkah awal penerapan SPMI adalah adanya komitmen pimpinan Perguruan Tinggi untuk membangun mutu institusinya. Sistem manajemen SPMI mewajibkan adanya keterbukaan dan partisipasi seluruh civitas akademika institusi yang bersangkutan, dalam hal ini adalah pimpinan hingga staff. Hal ini dilakukan guna meningkatkan mutu Perguruan Tinggi dengan memberikan contoh secara nyata kepada internal institusi. (SGD/HKLI)

08/04/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.