Meningkatkan Mutu Prodi Melalui Program Asuh Menuju Prodi Unggul 2019

Direktorat Penjaminan Mutu menyelenggarakan Sosialisasi Program Asuh Menuju Prodi Unggul Batch II Tahun 2019 dan Penyamaan Persepsi Program Asuh Menuju Prodi Unggul Batch I Tahun 2019 di Surabaya pada hari Selasa, 19 Maret 2019. Acara dihadiri 62 perguruan tinggi unggul (terakreditasi peringkat A) termasuk perguruan tinggi penerima Program Asuh Batch I 2019 sesuai SK Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan No. No. 74 / B / HK / 2019 tentang Perguruan Tinggi Penerima Program Asuh Menuju Program Studi Unggul “Program Asuh” TA 2019.

Acara ini dibuka resmi oleh Bapak Masluhin Hajaz selaku Kepala Subdirektorat Penguatan Mutu. Dalam sambutannya disampaikan pentingnya Program Asuh karena PT unggul  akan melakukan pendampingan  kepada perguruan tinggi lain (PT asuhan) dengan memfasilitasi pelatihan dan pendampingan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Program Asuh 2019 menjadi sangat penting dan ditunggu karena untuk pertama kali instrumen akreditasi IAPT 3.0 dan IAPS 4.0 akan diberlakukan, sehingga langkah penting dalam Program Asuh TA 2019 adalah memberikan penyamaan persepsi tentang sinkronisasi SPMI dan SPME bagi para PT Asuh.

Dalam acara ini selain disampaikan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan program juga disampaikan materi sinkronisasi antara SPMI dan SPME  oleh fasilitator SPMI sekaligus anggota majelis BAN-PT Dr. Setyo Pertiwi. Dalam paparan sinkronisasi antara SPMI dan SPME disampaikan relasi atau peta hubungan antara luaran SPMI yang akan diukur dengan instrumen BAN-PT yang baru sehingga sangat jelas bahwa luaran SPMI digunakan untuk akrediasi.

Pada Tahun Anggaran 2019, Direktorat Penjaminan Mutu melalui Subdit. Penguatan Mutu menyusun program percepatan peningkatan mutu prodi melalui Program Asuh Menuju Prodi Unggul bagi 20 PT penerima yang telah terakreditasi A untuk mengasuh PT lain di klaster 3 atau 4 dengan akreditasi mayoritas C. Program Asuh batch I menyertakan 491 prodi.

Dua puluh (20) PT pemenang (pengasuh) tersebut yaitu: Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Semarang, STIE Perbanas Surabaya, Univeristas Syiah Kuala, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Gunadarma, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Lampung, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Mulawarman, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Telkom, dan Universitas Udayana.

Pada acara ini disampaikan juga bahwa Direktorat Penjaminan Mutu khususnya Subdit Penguatan Mutu pada tahun anggaran 2019 mendapatkan penambahan dana, oleh karena itu akan dilaksanakan Asuh Menuju Prodi Unggul Batch II Tahun 2019 untuk 10 PT yang telah terakreditasi A yang belum mengajukan proposal di batch I. (Ndre/Hz)

28/03/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.