Prioritaskan Kualitas, Belmawa Akan Kirim Pemenang ON MIPA-PT 2019 ke Bulgaria

Setelah lewati seleksi tahap 1 yang ada di Perguruan Tinggi masing-masing, peserta Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2019 (ON MIPA-PT 2019) lakukan seleksi tahap 2 yang sama dengan seleksi tingkat Wilayah. Penjaringan ini dilakukan untuk mendapatkan bibit-bibit terbaik di bidang Matematika dan Sains. Khusus untuk bidang Matematika, pemenang dari bidang ini akan diikutkan dalam International Mathematics Competition fot University Student (IMC) di Blagoevgard, Bulgaria pada bulan Juli hingga Agustus 2019 mendatang. Hal ini adalah salah satu upaya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) untuk meningkatkan kualitas pemenang kompetisi ini.

Seleksi tahap 2 yang dilakukan serentak di 14 wilayah yang mencakup 34 provinsi di Indonesia ini digelar pada Selasa hingga Rabu (26-27/03/2019). Acara ini dihadiri oleh peserta sebanyak 5.392 mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia yang berasal dari program studi di bidang MIPA dan dalam kompetisi ini, peserta ditantang untuk menggarap soal sesuai bidangnya, yaitu Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika.

Direktur Kemahasiswaan, Didin Wahidin selaku perwakilan dari Ditjen Belmawa turut mendukung event ini. Ia mengatakan, adanya ON MIPA-PT 2019 ini dapat dijadikan wahana anak-anak bangsa dalam hal membangun jaringan satu sama lain. “Hal ini dapat memunculkan keunggulan yang nantinya secara bersama dapat disatukan untuk menjadi modal daya saing bangsa serta akan menjadi modal untuk persaingan bangsa di dunia” ujarnya saat ditemui di Universitas Pancasila sebagai pelaksana ON MIPA-PT L2Dikti Wilayah III Jakarta.

Acara yang sudah eksis sejak tahun 2009 ini telah menemukan pemenang unggul di bidang MIPA. Tahun 2018, Institut Teknologi Bandung (ITB) keluar sebagai juara umum ON MIPA-PT 2018 yang kala itu digelar di Universitas Muhamadiyah Malang. Tiga medali emas telah berhasil direbut oleh mahasiswa asal ITB di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia, sedangkan medali emas bidang Biologi berhasil dibawa pulang oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Adanya kompetisi ini dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah di bidang Pendidikan Tinggi terhadap pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan di bidang MIPA. Lewat ON MIPA-PT, pemerintah juga ingin mendorong mahasiswa agar dapat memiliki daya saing bangsa yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang MIPA (SGD/HKLI).

 

26/03/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.