Home » Berita

BIMTEK KPT KEMBALI DIGELAR DI LLDIKTI IV JAWA BARAT

22/03/2019

Bandung (21/3/2019) Tantangan globalisasi saat ini yang ditandai dengan perkembangan revolusi industri 4.0 mengharuskan setiap Perguruan Tinggi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan tersebut terutama muatan kurikulum yang berorientasi pada Industri 4.0. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi, dan Prendidikan Tinggi melihat hal tersebut sebagai tantangan yang harus di antisipasi melalui program pendampingan peningkatan kualitas proses pembelajaran di Perguruan Tinggi seperti pendampingan dan bimbingan teknis Kurikulum Pendidikan Tinggi di era Industri 4.0. hal tersebut di katakan oleh Sirin Wahyu Nugroho dalam acara kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum Perguruan Tinggi di LLDikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten mewakili Direktur Pembelajaran.
Lebih lanjut dikatakannya Direktorat Pembelajaran secara terus menerus menggandeng LLDikti untuk melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum Pendidikan Tinggi hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan LLdikti bersama Direktorat Pembelajaran dalam usaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran diperguruan tinggi. Selain itu untuk memberikan pemahaman pada Perguruan Tinggi tentang kurikulum yang berorientasi SN Dikti dan KKNI di Era Industri 4.0, “Kurikulum yang dibuat oleh Prodi harus fleksible dan terbuka agar bisa sesuai dengan kebutuhan Industri agar sejalan dengan kebutuhan lulusan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0. lulusan perguruan tinggi yang diminati oleh Industri tidak hanya pintar secara Intelektual tetapi memiliki Softskill yang mumpuni” tambahnya.
Sementara itu, Agus Supriatna Kepala selaku bidang Akademik LLDikti Wilayah 4 yang mewakili Kepala LLDikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi pada Direktorat Pembelajaran, Ditjen belmawa Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang telah mempercayai dan memberikan kesempatan pada LLDikti untuk bersama-sama Direktorat Pembelajaran melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum Pendidikan Tinggi, “kegiatan Bimtek KPT ini sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi dan keberhasilan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi yang baik antara LLDikti Wilayah IV Jawa barat dengan Direktorat Pembelajaran” tegasnya.
Ia berharap agar peserta mengikuti kegiatan Bimtek KPT dapat baik dan aktif melakukan dialog terkait dengan penyusunan kurikulum dan hal-hal lain untuk kepentingan meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi masing-masing.
Kegiatan Bimbingan Teknis KPT di Era Industri 4.0 yang diselenggarakan di LLDikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten diikuti oleh ketua program studi sebanyak 200 orang dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Barat dan Banten dengan narasumber Prof. Made Supartha Utama dan Dr. Sri Suning Kusumawardani, kegiatan Bimtek KPT diisi dengan paparan narasumber dilanjutkan diskusi dan bedah dokumen kurikulum dan Rencana Pembelajaran (RPS). (LAD/Dit. Pembelajaran).

TAG: Berita