Home » Berita

UNY dan UPI RAIH QS ASIA UNIVERSITY RANK (AUR) 451-500: modal menuju QS WUR

19/03/2019

Jakarta (18/03/2019). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi secara terus menerus dan berkelanjutan meningkatkan mutu perguruan tinggi termasuk mendorong perguruan tinggi untuk masuk dalam rangking kelas Dunia melalui program World Class University (WCU). Program ini sebagai wujud eksistensi keberadaan Perguruan Tinggi di Indonesia pada level Dunia. Pengembangan LPTK unggul sebagai wujud komitmen Kemenristekdikti dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu LPTK di dorong untuk meningkatkan kualitas dengan mengikuti program revitalisasi LPTK berprestasi menuju World Class University (WCU) yang dikuti oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

UNY dan UPI telah memiliki modal untuk menuju QS WUR yakni keberhasilan UPI dan UNY dalam meraih QS AUR 451 – 500 dan secara berturut-turut masuk rangking nasional yang dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2017-2018. Modal tersebut memberikan dampak bagi UNY dan UPI untuk terus menerus memenuhi standar kriteria QS Rank mulai tahun 2019-2021 sehingga bisa masuk QS WUR pada tahun 2021 dapat dipenuhi.

Keberhasilan UPI dalam meraih posisi QS Asia University Rank (AUR) 451 – 500 telah melakukan berbagai langkah strategis diantaranya (1) peningkatan atmosfer akademik universitas yang lebih baik yang meliputi peningkatan jumlah doctor, peningkatan jumlah publikasi terindeks Scopus, peningkatan jumlah jurnal terindeks Scopus, peningkatan jumlah riset, (2) mendorong dosen dan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pada tingkat internasional seperti visiting professor di luar negeri, Sea Teacher, Praktek mengajar bagi mahasiswa calon guru di negara-negara ASEAN, pertukaran mahasiswa antar negara, kolaborasi riset dosen, (3) peningkatan pelaksanaan konferensi internasional. Tegas Rektor UPI Asep Kadarusman.

Lebih lanjut dikatakannya berdasarkan rangking QS AUR pada tahun 2018 ini, UPI pada tahun 2019 mulai fokus untuk dapat memenuhi kriterai-kriteria sesuai dengan standar QS rangking sehingga pada tahun 2019 ada perbaikan rangking QS pada level ASIA sehingga target UPI pada tahun 2021 bisa masuk QS WUR tambahnya.

Sementara itu, Rektor UNY menjelaskan capaian rangking QS AUR 451 – 500 yang diraih oleh UNY merupakan upaya Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi perguruan tinggi yang masuk kategori perguruan tinggi level Dunia. “capain yang diraih oleh UNY dan UPI merupakan upaya mendukung program Revitalisasi LPTK yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran”, tegas Sutrisna Wibawa

Lebih lanjut dikatakan Sutrisna bahwa UNY dan UPI pada tahun 2017 –2018 telah masuk rangking QS tingkat nasional yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hal ini berarti kemampuan UNY dan UPI untuk menuju WCU sangat berpeluang sehingga target tahun 2019 UNY dan UPI mulai fokus untuk memenuhi kriteria-kriteria standar QS rangking sampai pada tahun 2021. “Target 2021 UNY dan UPI masuk rangking WUR maka untuk mencapai hal itu ada 14 program antara lain credit transfer, visiting professor, joint curriculum, double degree, summer course, workshop publikasi artikel, partisipasi dalam kegiatan QS Apple dan QS World, Postdoc dalam negeri dan postdoc luar negeri, promosi program studi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing, pengembangan kompetensi dosen dalam mengelola PPG, joint conference, peningkatan indeksitasi, internasional riset network, special issues di jurnal scopus. Dengan 14 program tersebut akan mampu meningkatkan kualitas UNY dan UPI dan meraih World University Rangking (WUR) serta mampu menghasilkan lulusan yang mengantispasi perkembangan teknologi ke depan. “LPTK unggul mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mendukung kualitas sumber daya manusia di Indonesia menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni”. Harapnya.

Direktur Pembelajaran Paristiyanti Nurwardani mengapresiasi keberhasilan UNY dan UPI bisa meraih QS AUR 451-500 dan prestasi ini menjadi modal pendorong bagi UPI dan UNY untuk melangkah lebih baik lagi meraih SQ WUR. “Program Revitalisasi LPTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di LPTK sekaligus upaya sistimatis, terencana dan masif untuk mewujudkan LPTK meraih QS WUR (World University Rank)“. Tegasnya.

Ia berharap kerjasama semua pihak untuk menjadikan LPTK meraih WCU sangat dibutuhkan sehingga visi misi Kementeria Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dapat dicapai dengan baik dan lulusan LPTK mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain di dalam negeri maupun di luar negeri, harapnya (NF/Ditbela)