Home » Direktorat Kemahasiswaan

Pengumuman Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) Tahun 2019

11/03/2019

Kepada Yth.

  1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
  2. Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I – XIV

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan berkewajiban bukan saja mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni akan tetapi juga berkewajiban menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kecerdasan yang menyeluruh, baik intelektual, emosional, sosial, dan spiritual.

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional tersebut, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) Tahun 2019 sebagai upaya pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an bagi mahasiswa pemeluk agama Islam yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli – 4 Agustus 2019 di Universitas Syiah Kuala, Aceh.

Untuk tujuan tersebut di atas, kami mohon bantuan Bapak/Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi dan Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I–XIV untuk menyebarluaskan informasi ini kepada seluruh perguruan tinggi yang berada di wilayah koordinasinya.

Perguruan tinggi yang berencana mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti MTQMN 2019 dapat mendaftarkan sesuai dengan persyaratan pada pedoman melalui laman resmi MTQMN 2019 https://mtqmn16.unsyiah.ac.id/

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami haturkan terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan

ttd

Didin Wahidin

Tembusan :

1. Dirjen. Pembelajaran dan Kemahasiswaan
2. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi
3. Kepala LLDikti I – XIV

Lampiran :

1. Panduan MTQMN XVI 2019
2. Surat pengantar pengumuman MTQMN 2019