Home » Berita

Kemenristekdikti laksanakan Program Literasi Digital di 3 Politeknik di Indonesia

11/03/2019
Semarang, 11 Maret 2019. Pelatihan program literasi digital adalah pelatihan untuk pelatih program yang diadakan oleh pemerintah Indonesia dan Singapura untuk mempersiapkan bakat-bakat baru untuk mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia.
Program pelatihan digital literasi ini digagas sejak tahun 2018 dan dilanjutkan di tahun 2019 ini sebagai penyelenggara pertama adalah Politeknik Negeri Semarang pada tanggal 11 – 13 Maret 2019. Program yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti ini digelar selama 5 minggu di tiga tempat yaitu Politeknik Semarang, Bandung dan Politeknik Malang dengan melibatkan para trainer dari Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bandung termasuk dari Foundation International dan Singapore Polythecnic.
Materi yang dipelajari  dalam pelatihan ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Web Development, Cyber Security, dan study visit serta immersion program untuk master trainers. Program ini dihadiri oleh 54 peserta dari politeknik yang berada di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah. Dari semua partisipan tersebut, sebanyak 32 diantaranya akan dipilih menjadi mentor master trainer di 3 bagian lainnya yang menjadi bagian dari pelatihan.
Program ini didukung sepenuhnya oleh Ditjen Belmawa Kemenristekdikti dengan melibatkan kurang lebih 50 peserta disetiap lokasi. Pelatihan yang membahas mengenai Web Development dan Network Cyber Security ini merupakan materi-materi kompetensi dasar untuk mendukung pengembangan ekonomi di Indonesia berbasis digital.
Dalam materi Modern Web Development,  yang diajarkan adalah HTML5.CS5 dan Javascript, Form Elements, Geolocation, BootStrap, dan Angular dan Nodejs. Sedangkan dalam materi Network Cyber Security adalah Simulasi Malware, Perlindungan PC, Kriptografi, Wireshark dan Network Protocols, dan Perlindungan pada Web Server dan kerentanan pada Aplikasi Web. (DAF/HKLI)