Home » Berita

Dirjen Ismunandar : Mahasiswa Harus Belajar Sepanjang Hayat

24/02/2019

Batam - Belmawa.  Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar melakukan kunjungan  ke Politeknik Negeri Batam, Kamis (22/02/2019). Pada kunjungannya Dirjen Ismunandar memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan menyempatkan diri untuk mengunjungi laboratorium  manufaktur micro chip.

Kuliah umum yang berjudul “Menjadi Lulusan Politeknik yang Unggul di Era Industri 4.0 dan Society 5.0”, Dirjen Ismunandar menyampaikan bahwa pada era ini akan banyak pekerjaan yang hilang, dan juga  banyak pekerjaan yang baru. Pendidikan tinggi sudah semakin penting khususnya pendidikan vokasi, saat ini pemerintah sudah lebih memfokuskannya. “Adik-adik mahasiswa sudah dijalur yang tepat, kalian harus belajar sepanjang hayat”, karena keterampilan baru akan terus bertambah di era ini, literasi data, literasi teknologi, dan manusia perlu ditingkatkan, tegas Dirjen Ismunandar kepada mahasiswa.

Dirjen menambahkan, setelah selesai membangun infrastruktur, pemerintah selanjutnya akan fokus untuk membangun Sumber Daya Manusia(SDM) salah satunya melalui pendidikan tinggi. Kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan dunia Industri akan semakin ditingkatkan.

Pada hari yang sama Dirjen Ismunandar melanjutkan kunjungannya menghadiri dan membuka Launching Entrepreneurship Award ke-3 bertempat di Sekolah Tinggi Teknik(STT) Ibnu Sina, Batam. Entrepreneurship Award merupakan agenda tahunan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X yang mencakup empat wilayah, yakni Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Tahun ini STT Ibnu Sina Batam menjadi tuan rumah, kegiatan ini juga didukung seluruh perguruan tinggi di Kepulauan Riau yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi)

Ada dua kategori yang dilombakan, yakni Business Inovation dan Business Plan. Adapun batas pendaftaran dan penerimaan berkas hingga 31 Juli 2019. Dan pada Agustus dilakukan evaluasi untuk menentukan nominator dan diumumkan pada September 2019. Untuk informasi lengkap dapat mengunjungi http://ea3.stt-ibnusina.ac.id/.
Pada sambutannya Dirjen Ismunandar menyampaikan kepada mahasiswa yang hadir, bahwa pentingnya adik-adik menguasai teknologi baru, dan literasi data. Teknologi juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas budaya kita. “Terima kasih atas kerjasama semua pihak, saat ini kita mempunyai 35% angka partisipasi kasar dab kita berambisi pada tahun 2025 dapat mencapai lebih dari 50%  baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, sukses selalu!”, tutup Dirjen Ismunandar sekalian ditutup dengan prosesi pemukulan gong menandakan Entrepreneurship Award ke-3 resmi dibuka.(WAS/HKLI)