Home » Berita

Dirjen Belmawa Pantau Langsung Uji Kinerja Guru

06/02/2019

Bandung-Belmawa. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar didampingi Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si memantau langsung pelaksanaan Uji Kinerja bagi peserta Pendidikan Profesi Guru yang dilaksanakan di SMP Negeri 12 dan SMP Negeri 15 Bandung (6/02).

Mempersiapkan guru profesional merupakan tujuan dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). Dimana peserta akan dinilai dari beberapa proses termasuk Uji Kinerja (UKin). UKin adalah uji kompetensi untuk meni­lai kemampuan peserta uji dalam merencana­kan, me­lak­sanakan, dan mengevaluasi pembelajaran (kompe­tensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional).

Dirjen Ismunandar berharap pada Uji Kinerja yang dilaksanakan dibawah koordinasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dapat membentuk guru yang profesional, kelemahan dan kekurangan sistem sebaiknya disampaikan agar segera diperbaiki. Pada akhir penilaian, peserta berhak mendapatkan sertifikat pendidik profesional jika telah memenuhi kriteria penilaian.

Pada saat berita ini ditayangkan, sebanyak 32 peserta mengikuti uji kinerja terdiri dari 9 bidang studi: Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Teknik Mesin, dan Pendidikan Teknik Otomotif. (WAS)