Home » Berita

Instruksi Presiden No 6 Tahun 2018

15/01/2019

Instruksi Presiden No 6 Tahun 2018
tentang
Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika tahun 2018-2019

Yth.
1. Kepala LLDikti I – XIV
2. Pimpinan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia

Berdasarkan data yang diluncurkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna narkoba di Indonesia saat ini mencapai 4,5 juta jiwa. Narkoba telah menjadi penyakit yang kian mewabah dan dapat menjangkiti siapapun. Dampak buruk narkoba meresahkan semua pihak. Dengan banyaknya jumlah penduduk dan wilayah yang amat luas, Indonesia menjadi pangsa pasar besar bagi peredaran narkoba.
Mengantisipasi peredaran narkoba bukan hanya menjadi tugas aparat berwenang, melainkan tugas seluruh masyarakat, termasuk kementerian dan lembaga negara. Terbitnya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) menjadi payung hukum bagi semua kementerian dan lembaga negara untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut.
Agenda utama yang dapat diselenggarakan seluruh kementerian dan lembaga negara di bidang pencegahan, antara lain: sosialisasi bahaya narkoba kepada pegawai, pembentukan regulasi tentang P4GN, pelaksanaan tes urine, pembentukan satuan tugas anti narkoba, dan pengembangan potensi masyarakat pada kawasan rawan narkoba.
Secara khusus salah satu peran penting Kemenristekdikti dalam implementasi peraturan tersebut adalah pengembangan pendidikan anti narkoba di tingkat perguruan tinggi. Bentuk implementasinya adalah secara aktif menyelenggarakan sosialisasi pada stakeholder terkait serta di lingkungan sekitar, seperti sekolah dan kampus. Kedua tempat ini rawan menjadi target pemasaran narkoba. Penyebabnya adalah rasa ingin tahu yang besar pada masyarakat berusia muda yang mendorong pelajar dan mahasiswa mencoba segala hal, termasuk mencicipi narkoba.
Banyak kasus melibatkan narkoba telah mencoreng nama baik institusi pendidikan yang seharusnya menjadi tempat mencetak generasi penerus bangsa. Banyak institusi pendidikan menjadi arena jual-beli dan transaksi narkoba.
Peraturan yang telah ada tidak menjadi wacana semata, namun perlu diimplementasikan. Untuk maksud tersebut, terlampir disampaikan dokumen Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) untuk dapat disosialisasikan dan ditindaklanjuti di lingkungan kerja dan wilayah koordinasi Saudara.

Direktur Kemahasiswaan

Ttd
Didin Wahidin

 

Lampiran :

Inpres Nomor 6