Indonesia Siap Menghadapi Kemajuan ITK di ERA Revolusi Industri 4.0

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) bersama dengan Universitas Telkom menghelat penutupan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK XII Tahun 2019 di Auditorium Universitas Telkom (26/10/2019). Perhelatan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Ismunandar dan Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Didin Wahidin.

Dalam sambutannya Ismunandar selaku Dirjen Belmawa mengatakan bahwa Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK yang memiliki potensi luar biasa. “Kegiatan Gemastik ini sangat relevan dengan Kemajuan Teknologi dan Perkembangan Revolusi Industri 4.0, dan menjadi momentum baik untuk kita terus menyampaikan program-program Kementerian, dalam upaya meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi, yang menjadi salah satu indikator kinerja Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan,” ujar Ismunandar.

Dengan mengangkat tema “Teknologi Informasi untuk Keunggulan Daya Saing Bangsa” yang diharapkan  semangat ini terus di pertahankan dan ditingkatkan, karena tantangan masa depan yang harus dihadapi oleh calon-calon pemimpin masa depan di bidang riset, sains, dan teknologi.

Seiring dengan hal tersebut, kemampuan untuk mengintegrasikan antara teori dan praktek, belajar untuk bekerja secara independen, serta berkomunikasi secara lisan dan tulisan amat diperlukan dalam menghadapi tantangan global/era industri 4.0.

Gemastik ke-12 tahun ini diikuti oleh 127 tim mahasiswa yang terdiri dari 361 mahasiswa peserta yang berasal dari 42 perguruan tinggi. Jumlah peserta ini merupakan hasil saringan ketat dari mahasiswa pendaftar yang berjumlah 3.634 tim dan 6.814 mahasiswa. Sebanyak 361 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah bertanding sejak 24 Oktober 2019 hingga 26 Oktober 2019. 361 peserta ini terbagi dalam sebelas divisi lomba yaitu Divisi Pemograman (Programming), Divisi Keamanan Siber (Cyber Security), Divisi Penambangan Data (Data Mining), Divisi Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Divisi Animasi (Animation), Divisi Kota Cerdas (Smart City), Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper),  Divisi Pengembangan Perangkat Lunak (Sotfware Development), Divisi Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Divisi Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), Divisi Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Direktorat Kemahasiswaan bersama Tim Juri dan Panitia Universitas Telkom menambah satu kategori ekshibisi yaitu: E-Sport, Lomba Poster (Non Medali), dan Pameran Karya. Penambahan kategori lomba ini merupakan bagian dari inovasi dan upaya peningkatan kualitas kegiatan di Direktorat Kemahasiswaan.

Rektor Universitas Telkom Prof. Adiwijaya menambahkan bahwa “Kekuatan selain riset ya pengembangan inovasi jadi pagelaran mahasiswa di bidang teknologi dan komunikasi ini merupakan stimulus yang bisa memberikan amunisi bagi bangsa ini untuk menjadi player di bidang ICT, diharapkan memang aktor-aktor yang sekarang tampil di sini bisa memberikan tambahan talent full sehingga bisa meningkatkan daya saing bangsa ini.”

Dalam penyelenggaraan yang ke-12, juara umum GemasTIK 2019 diraih oleh Universitas Indonesia yang memperoleh 3 Medali Emas, 3 Perak dan 1 Perunggu. Ini adalah kali keempat Universitas Indonesia menjadi juara umum ajang GemasTIK.

Selamat kepada para peserta Gemastik Ke-12 tahun 2019, baik yang berhasil menjadi juara, maupun yang belum berhasil menjadi juara. Dengan ucapan  ”Alhamdulillahiraabalalamiin”, Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK ke-12 Tahun 2019 di Kampus Universitas Telkom dengan resmi ditutup oleh Ismunandar. (HKLI/SNV)

 

Lampiran:

  1. Lampiran Pemenang GemasTIK XII Tahun 2019
30/10/2019

HUBUNGI KAMI

Gedung D Lt 7, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Indonesia

021-57946073
021-57946072
ditjenbelmawa@ristekdikti.go.id
top
DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN © 2019. ALL RIGHTS RESERVED.