Tentang Kami

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN STRATEGIS

Dalam rangka melaksanakan agenda pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 serta menjalankan amanah sesuai visi dan misi Kemenristekdikti, maka Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menetapkan visi sebagai berikut:

“Tercapainya kualitas pembelajaran, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu pendidikan tinggi yang ideal untuk menghasilkan insan paripurna demi terwujudnya Indonesia berdaya saing tinggi.”

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut di atas, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengemban misi:

  1. Menghasilkan perumusan, pelaksanaan, dan pengendalian kebijakan pembelajaran, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu pendidikan tinggi nasional.
  2. Meningkatkan standar kualitas sistem pembelajaran, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu pendidikan tinggi nasional.

Tujuan Strategis
Tujuan strategis yang harus dicapai oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiwaan adalah “meningkatnya kualitas pembelajaran, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan insan yang unggul, terampil, bermoral, dan berdaya saing tinggi.”

Sasaran Strategis
Berdasarakan tujuan strategis di atas, maka dijabarkan sasaran strategis program dan sasaran strategis kegiatan yang akan dicapai dalam kurun waktu 2015-2019 sebagai berikut. Sasaran strategis program adalah “meningkatnya kualitas pembelajaran dan mahasiswa pendidikan tinggi” . Sasaran strategis kegiatan adalah: 1. Meningkatnya kualitas layanan pembelajaran. 2. Meningkatnya kualitas layanan kemahasiswan dan penyiapan karier. 3. Meningkatnya kualitas layanan penjaminan mutu pendidikan tinggi. 4. Meningkatnya kualitas manajemen progam pembelajaran, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu pendidikan tinggi.
Permenristekdikti No. 15 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenristekdikti


Tugas Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan :
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembelajaran dan kemahasiswaan.

Fungsi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan :
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 124, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan kebijakan di bidang standar kualitas sistem pembelajaran dan kemahasiswaan;
  2. perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang keterjangkauan layanan pendidikan tinggi dan penyelarasan dunia pendidikan dan dunia kerja;
  3. perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan di bidang sistem penjaminan mutu internal pendidikan tinggi;
  4. pengawasan dan pengendalian bidang pembelajaran dan kemahasiswaan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pembelajaran dan kemahasiswaan;
  6. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri.