Direktorat Kemahasiswaan

Tugas Pokok Direktorat Kemahasiswaan

Direktorat Kemahasiswaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang kemahasiswaan.

Direktorat Kemahasiswaan menyelenggarakan fungsi:

  • Penyiapan perumusan kebijakan di bidang penalaran dan kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja;
  • Fasilitasi di bidang penalaran, kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja;
  • Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian bidang penalaran, kreativitas, kesejahteraan mahasiswa,
    kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja;
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penalaran, kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja; dan
  • Pelaksanaan administrasi Direktorat.

Beberapa Program pada Direktorat Kemahasiswaan adalah:

Bidikmisi
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap persrta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu mebiayai pendidikannya.

Sasaran program bantuan pendidikan bidikmisi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik.

Jumlah total penerima beasiswa bidikmisi dari tahun 2010 s/d tahun 2015

No Angkatan Jumlah Mahasiswa Ket.
1 2010 18.120 Selesai
2 2011 27.175 Selesai
3 2012 43.871 On Going
4 2013 62.194 On Going
5 2014 64.731 On Going
6 2015 65.000 Baru
Total 281.091

Layanan Bidikmisi dapat diakses pada tautan berikut

Beasiswa dan bantuan Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik :

Meningkatkan prestasi mahasiswa penerima baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler serta motivasi berprestasi bagi mahasiswa lain, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiaya pendidikan.

  • Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi penglola beasiswa dan bantuan pendidikan PPA di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  • Calon penerima harus terdaftar pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD-Dikti)
  • Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana
  • Beasiswa diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Mahasiswa tidak berhak menerima apabila telah dinyatakan lulus

Kuota Nasional Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Tahun 2015

No PTN/Kopertis Jumlah
1 PTN

71.000

2 Kopertis/PTS

50.000

Jumlah

121.000

Download Pedoman Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan PPA

Program Afirmasi ADik bagi Putra-Putri Asli Papua

Salah satu upaya untuk mengatasi lemahnya latar belakang pendidikan dan memperkuat rantai kesatuan berbangsa adalah peningkatan akses dan penuntasan pendidikan tinggi di daerah dengan kondisi khusus.

  • Memberikan kesempatan kepada putra-putri asli Papua, lulusan SMA sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memperoleh pendidikan di PTN terbaik, melalui seleksi nasional dan seleksi khusus bagi siswa berprestasi akademik di SMA sederajat
  • Sasaran program adalah Putra-Putri Asli Papua lulusan pendidikan SMA sederajat serta memiliki potensi akademik baik.

Download Pedoman Program Afirmasi ADik bagi Putra-Putri Asli Papua

Progam Afirmasi Pendidikan Tinggi bagi Putra-Putri Daerah Terluar, terdepan dan Tertinggal (Adik 3T)
Salah satu upaya untuk mengatasi lemahnya latar belakang pendidikan dan memperkuat rantai kesatuan berbangsa adalah peningkatan kases dan penuntasan pendidikan tinggi di daerah dengan kondisi khusus.

  • Memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah 3T, lulusan SMA sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memperoleh pendidikan di PTN terbaik, melalui seleksi nasional dan seleksi khusus bagi siswa berprestasi akademik di SMA sederajat
  • Sasaran program adalah Putra-Putri daerah 3T lulusan pendidikan SMA sederajat serta memiliki potensi akademik baik.
  • Jumlah Mahasiswa Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua dan Daerah 3T
    No Angkatan Papua 3T Jumlah Ket.
    1 2012

    361

    361

    On Going
    2 2013

    389

    92

    481

    On Going
    3 2014

    395

    168

    563

    On Going
    4 2015

    434

    312

    746

    Baru
    Jumlah

    1.579

    572

    2.151

     

 

Download Pedoman Program Afirmasi ADik Daerah 3T


Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM)

Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program dan salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal mahasiswa adalah PKM.

Layanan bisa dibuka pada tautan

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)

PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan,keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada pada mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Program PMW dapat diikuti oleh mahasiswa S1 Universitas/Institut/Sekolah Tinggi dan diploma/politeknik yang telah menyelesaikan kuliah 2 semester atau minimal telah menyelesaikan 36 SKS.

Download  Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)

Program Hibah Bina Desa (PHBD)

PHBD adalah kegiatan pemberdayan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahassiwa (BEM). Mahasiswa pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Layanan ini dapat di akses pada tautan berikut
Download Pedoman Program Hibah Bina Desa (PHBD)

Bantuan Dana Pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Tujuan dari bantuan dana pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa adalah untuk memberikan dukungan kepada para mahasiswa (perseorangan maupun kelompok) atau organisasi kemahasiswaan antarperguruan tinggi untuk mengembangkan potensi, menyalurkan bakat, minat dan kemampuannya dalam bidang tertentu melalui organisasi yang dapat menambah wawasan keilmuan, pembentukan karakter/sikap, dan keterampilan.
Download Pedoman UKM

Program Co-operative Academic Education (Co-op) atauProgamBelajarBekerjaTerpadu (PBBT)

Program ini merupakan program yang mengintegrasikan berbagai latar belakang ilmu yang didapatnya di bangku kuliah dengan pengalaman nyata dunia usaha.
Program Co-op atau Belajar Bekerja Terpadu di UKM adalah kegiatan pendidikan bagi mahasiswa S1 yang telah menyelesaiakan sekurang-kurangnya 110 SKS, bekerja penuh waktu sekurang-kurangnya 4 bulan di UKM, memiliki hak dan kewajiban sebagaimana karyawan untuk mendapatkan pengalaman berwirausaha.

Download Pedoman Program Co-operative Academic Education (Co-op)

Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)

Mawapres adalah mahasiwa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Peserta Mawapres adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan terdaftar pada Pengkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT).

Download Pedoman Mawapres Diploma

Download Pedoman Mawapres Sarjana

Latihan Ketarampilan Manajemen Mahasiwa (LKMM) Tingkat Menengah

Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program dan salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal mahasiswa adalah melalui pelatihan-pelatihan yang salah satunya adalah LKMM Tingkat Mengah.

Download  Pedoman Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Menengah

National University Debating Championship (NUDC) dan World Universities Debating Championship (WUDC)

Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menetapkan pola pembinaan mahasiswa dan salah satu usaha pembinaannya adalah melalui kompetisi debat yang telah dirumuskan dalam National University Debating Championship (NUDC) dan WUDC.

Download  Pedoman National University Debating Championship (NUDC) 2016

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA-PT)

ON MIPA-PT sebagai bagian untuk mempersiapkan mahasiswa dalam rangka mendorong dan atau dan atau meningkatkan prestasi mutu bidang MIPA tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional.

Perserta adalah mahasiswa S1 PT di lingkungan Kemenristekdikti, terdaftar dalam PDPT, belum lulus s.d 31 Agustus pada tahun saat pelaksanaan seleksi dan belum pernah mendapatkan medali emas atau juara I dalam ON MIPA-PT atau OSN-Pertamina.

Download Pedoman ONMIPA-PT

MusabaqaTilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional

MTQ Mahasiswa adalah salah satu pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa sebagai upaya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman terhadap isi kandungan Al-Qur’an. MTQ Mahasiswa dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali.

Download Pedoman Musabaqa Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional

Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Mahasiswa

Pesparawi Mahasiswa adalah salah satu upaya peningkatan kualitas penghayatan nilai-nilai agama, serta ajang untuk melantunkan madah bhakti kepada Tuhan Allah, Pencipta alam semesta. Tujuan Perparawi adalah memupuk tali persaudaraan dan rasa kebersamaan sebagai cerminan kesatuan dan kebersamaan umat kristiani. Pesparawi Mahasiswa dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali.

Sukan (pertandingan) Malaysia dan Indonesia (Sukmalindo) BidangOlahraga

Sukmalindo adalah suatu event dibidang olahraga untuk membangun persahabatan dan perdamaian para pelajar terutama di tingkat perguruan tinggi. Selain itu Sukmalindo diharapkan mampu membangun networking antara Malaysia dan Indonesia. Sukmalindo dilaksanakan setiap satu tahun sekali secara bergantian antara Malaysia dan Indonesia.

Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNas)

POMNas adalah kegiatan olahraga di kalangan mahasiswa guna memupuk dan meningkatkan persatuan; kebersamaan; persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia. Meningkatkan dan mengembangkan minat olahraga mahasiswa, serta meningkatkan kesegaran jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa.

Download Pedoman Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNas)

Asean University Games (AUG) Mahasiswa

AUG adalah suatu ivent dibidang olahraga untuk membangun persahabatan dan perdamaian para mahasiswa di tingkat Asean. Meningkatkan dan mengembangkan minat olahraga mahasiswa, serta meningkatkan kesegaran jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa.

Sistem Iinformasi Pendidikan dan Dunia Kerja (SinDikKer)

Merangkum dan menganalisa data maupun informasi pendidikan dan dunia kerja. Menampilkan perspektif dan kondisi terkini dengan data yang selalui diperbaharui oleh pemangku kepentingan secara berkesinambungan dan langsung.

Layanan ini dapat dibuka pada tautan berikut