Capaian Pembelajaran (CP)

Dalam KKNI, CP didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. CP merupakan penera (alat ukur) dari apa yang diperoleh seseorang dalam menyelesaikan proses belajar baik terstruktur maupun tidak dan sebagai rumusan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan harus dimiliki oleh semua program studi, juga merupakan pernyataan mutu lulusan.

Berdasarkan SN DIKTI yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014 adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Peraturan tersebut merupakan landasan hukum untuk merumuskan CP, terutama ketentuan yang tercantum dalam salah satu standar yakni Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Rumusan Capaian Pembelajaran (CP) disusun dalam 4 unsur, yaitu sikap dan tata nilai; kemampuan kerja; penguasaan pengetahuan; dan wewenang dan tanggung jawab. Secara umum, CP berfungsi sebagai berikut:

  1. Komponen kurikulum dan penera (alat ukur) kualitas lulusan
  2. Penciri spesifikasi program studi
  3. Ukuran level kualifikasi
  4. Rujukan untuk evaluasi kurikulum
  5. Rujukan untuk melakukan pengakuan kesetaraan
  6. Pembanding capaian jenjang pendidikan
  7. Kelengkapan utama deskripsi dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Panduan :

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman : http://cp.ristekdikti.go.id/