Home » Berita

Pelatihan Pembelajaran Berorientasi KKNI dan SN Dikti

06/12/2018

Jakarta – Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melakukan kerjasama sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk meningkatkan pemahaman mengenai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) kepada dosen dengan Pelatihan Pembelajaran Berorientasi KKNI dan SN Dikti .

Tujuan pelatihan ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada dosen, namun memberikan juga pemahaman tentang penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Pelatihan Pembelajaran Berorientasi KKNI dan SN Dikti diikuti oleh 130 dosen yang dilaksanakan di Aula Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ, dalam pembukaan pelatihan di hadiri oleh Afriyudianto Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Akademik Direktorat Pembelajaran dan  Kahar Maharanjaya Wakil Rektor 1 UMJ Bidang Akademik.

Afriyudianto menjelaskan bahwa adanya pelatihan ini dalam rangka mendukung program prioritas kementerian yang merupakan salah satu turunan dari Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang ditindaklanjuti dari segi kurikulumnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 1 UMJ bidang akademik berharap dengan adanya pelatihan ini akan membantu dosen dalam mengisi RPS.

“Pada hari ini narasumber kita Didik Susanto dari Universitas Mataram dan Syamsul Arifin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember akan memberikan pelatihan tentang Rasionalisasi Pengembangan KKNI dan Penyusunan RPS Berbasis KKNI kepada para peserta, sehingga kedepannya para dosen dapat mengolah proses pembelajaran dengan standar yang sama” ujar Kahar.(TJS/HKLI )