Home » Berita

Atlet Mahasiswa Indonesia Bertanding ke Myanmar

06/12/2018

Jakarta – Belmawa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan – Kemristekdikti memberangkatkan  180 atlet mahasiswa yang dipilih dari Perguruan Tinggi  Indonesia ke ajang ASEAN University Games (AUG) yang akan dilaksakan di Naypyidaw, Myanmar. Kompetisi tersebut akan berlangsung selama 14 hari mulai dari tanggal 7 -20 Desember 2018 di Myanmar International Convention Center 2.

Ajang kompetisi olahraga 2 tahunan ini diikuti oleh negara-negara anggota ASEAN, para atlet akan bertanding dan memperebutkan medali pada  13 cabang olah raga yang dipertandingkan yaitu wushu, badminton, Bola voli, renang, catur, sepaktakraw, atletik, dayung, panahan, bola basket, pentaque, karate, dan vovinam.

Tujuan pertandingan ini adalah untuk menunjukkan keakraban  dan rasa solidaritas Negara-negara anggota  ASEAN khususnya generasi muda melalui pertandingan olah raga, juga memberikan kesempatan bagi atlet untuk menunjukkan bakat dalam bidang olah raga di wilayah ASEAN, dan yang tidak kalah penting adalah memberikan kesempatan bagi para atlet mahasiswa untuk dapat berinteraksi dan bertukar budaya dengan negara-negara sesama anggota ASEAN.

Sejak dimulai pada tahun 1980 ASEAN University games dibawah organisasi ASEAN University Sports Council (AUSC), Indonesia telah berhasil mendominasi perolehan medali. Melalui ajang seperti ini pembinaan atlit Indonesia terus berlanjut, memberikan ruang, menambah pengalaman dalam bertanding sehingga kedepan dapat menambah prestasi dan mengharumkan nama bangsa.

Dalam acara pemberangkatan atlet mahasiswa di aula hotel Ibis Style Tangerang, Direktur Kemahasiswaan, Didin Wahidin   berpesan agar tetap menjaga nama baik bangsa, mengejar prestasi,  menjaga sportifitas, dan berdaya juang tinggi. Didin berharap agar semua atlet mahasiswa memperoleh prestasi yang terbaik di AUG 2018. Direktur Didin juga mendoakan agar atlit memperoleh prestasi besar dan tentunya mengharumkan nama bangsa.

Tidak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak terkait sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Selamat jalan, selamat bertanding, bangsa yang besar ini menanti prestasi anda dan mendukung dalam doa,” kemudian secara resmi Direktur Didin menutup dan memberangkatkan delegasi atlet mahasiswa  ke Myanmar pada ajang AUG 2018. (WAS/HKLI)