Home » Berita

124 Perguruan Tinggi Peserta Ekspo KMI Deklarasikan Indonesia Student Entrepreneur National (ISEN)

14/11/2018

Bogor-Belmawa. Dalam rangka kegiatan Ekspo KMI tahun 2018 yang dilaksanakan di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, sebanyak 124 Perguruan Tinggi Baik  mengadakan acara Deklarasi Kewirausahaan Mahasiswa. Deklarasi yang dibacakan oleh perwakilan dari ITS tersebut berisi 5 butir yang akan menjadi panduan  untuk kegiatan kewirausahaan kedepan.

Deklarasi ini diumumkan oleh para Wirausaha Muda Indonesia, dihadapan Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Didin Wahidin, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB Drajat Martianto, Wakil Rektor Bidang Inovasi,Bisnis dan Kewirausahaan IPB Erika Budiarti Laconi, dan para utusan dari 124 peserta Ekspo Kewirausahaan yaitu Richardo Utoyo (ITS), Helmi Aulia (IPB), Aldo Mahyandra (UNP), Fajar Ardiansyah (Unisula) dan Frisko Kasviko (Polsri), dengan lantang dan rasa percaya diri membacakan deklarasi dihadapan para peserta Ekspo, yang disambut dengan antusias oleh para peserta. Harapannya wirausaha muda Indonesia perlu di tingkatkan dan dikembangkan tanpa memandang asal Universitas, asal pulau, agama dan kesukuan.

Deklarasi Darmaga berisi “mempercepat pertumbuhan wirausahaan muda Indonesia, Meningkatkan kerjasama yang efektif dan saling membantu dalam bidang teknologi, sosial, budaya,jasa, perdagangan, produksi, industri kreatif, kuliner dan bentuk usaha lainnya yang tidak bertentangan dengan Pancasila/Undang-undang Dasar Republik Indonesia, Saling mendukung dan kerjasama kegiatan terkait kewirausahaan seperti pelatihan, sarasehan,workshop dan magang kewirausahaan, Memelihara kerjasama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai instansi maupun organisasi lainnya yang ada di Indonesia, Mempromosikan kewirausahaan sebagai pendorong utama penciptaan lapangan kerja, kemandirian dan pemberdayaan ekonomi, Mendirikan jejaring Mahasiswa Wirausaha Indonesia sebagai wadah dalam merealisasikan deklarasi Dramaga ini”.

Deklarsi ini dibuat didasari bonus demografi Indonesia di tahun 2030 dimana presentase jumlah penduduk Indonesia usia produktif adalah yang terbesar, dan menimbang bahwa minimal 2 persen dari penduduk suatu negara berprofesi sebagai wirausaha dan akan mendokrak penguatan roda perekonomian bangsa.

KMI sendiri merupakan salah satu program kewirausahaan untuk mahasiswa dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeristekdikti. Acara tahunan ini berlangsung mulai tanggal 9 hingga 12 November 2018.

Beragam acara dihelat sebagai rangkaian dari KMI IX ini yaitu KMI Award, Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi, Sarasehan Mahasiswa, Indonesia Student Entrepreneurship Network, Talkshow Kewirausahaan, Bazar UMKM dan City Tour. (gpk/editor:HKLI)