Home » Berita

Polling Poster: Merangkul Anak Berkesulitan Belajar (ABB)

30/08/2018

Dalam rangka mengimplementasikan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas, dan Permenristekdikti No. 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terus berupaya meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi bagi semua mahasiswa termasuk mahasiswa disabilitas (mahasiswa memiliki tingkat kesulitan). Salah satu jenis tingkat kesulitan mahasiswa yang disebutkan dalam Permenristekdikti No. 46 Tahun 2017 adalah Kesulitan Belajar Spesifik.

Anak Berkesulitan Belajar (ABB) adalah anak yang mengalami gangguan proses psikologis dasar yang mencakup  pemahaman bahasa lisan atau tulisan yang tampak dalam terhambatnya kemampuan berfikir, berbicara, membaca, mengeja, menulis dan mengerjakan hitungan matematika.

Taraf kecerdasan ABB cenderung rata-rata. Beberapa di antaranya, bahkan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Performanya hampir sama dengan anak-anak pada umumnya. Namun demikian, acap kali prestasi akademiknya rendah atau di bawah rata-rata. Hal ini karena mereka  memiliki kesulitan belajar yang spesifik (spesific learning disability).

Anak-anak ini biasanya berada di sekolah reguler/umum. Jika ditangani dengan baik dan tepat, tidak tertutup kemungkinan mereka akan menjadi lebih baik dan mencapai prestasi optimal  sesuai taraf kecerdasannya, sehingga dapat melanjutkan pendidikannya sampai di Perguruan Tinggi.

Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Pembelajaran bekerjasama dengan Fakultas Senirupa dan Desain (FSRD), Fakulitas Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Tarumanegara, dan Yayasan Peduli Anak Spesial dalam mengkampanyekan ABB dalam bentuk pembuatan beberapa Poster ABB dengan tema “merangkul ABB”. Poster tersebut akan dipilih satu yang terbaik. Oleh karena itu Direktorat Pembelajaran melakukan Polling Poster Merangkul ABB.

Polling tersebut dapat dipilih pada tautan berikut ini: http://pensus.belmawa.ristekdikti.go.id/?p=42