Home » Berita

Berbagi Pengalaman Baik dalam Menumbuhkan Budaya Mutu Perguruan Tinggi

13/08/2018

Seminar Budaya Mutu untuk Pimpinan Perguruan Tinggi dilaksanakan di Pekanbaru dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23 tanggal 9 Agustus 2018.

Hadir 180 peserta mayoritas dari perguruan tinggi dari Pekanbaru dan L2Dikti wilayah X Padang serta pimpinan beberapa dari perguruan tinggi dari P. Jawa, P. Kalimantan, Sulawesi, Ambon, dan NTT.

Seminar diawali laporan ketua panitia penyelenggara, Kepala Subdit Penguatan Mutu, Masluhin Hajaz dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala L2Dikti Wilayah X, Prof. Heri. Pembukaan oleh Direktorat Penjaminan Mutu, Prof. Aris Junaidi dan dilanjutkan dengan paparan Program Direktorat Penjaminan Mutu 2018.

“Komitmen pimpinan terutama leadership akan mampu membangun perguruan tinggi bermutu yang mampu menghasilkan lulusan yang dapat mengembangkan potensinya untuk kemajuan bangsa,” demikian papar Direktur Penjaminan Mutu dalam sambutannya.

Seminar ini akan diisi dengan sharing pengalaman baik dari perguruan tinggi yang sudah terbukti unggul antara lain dari Universitas Riau, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Seuluh Nopember. Bernagi pengalaman baik dimaksudkan agar penglaman yang dusampaikan para narasumber bisa menjadi inspirasi bagi pimpinan perguruan tinggi dan dapat dikembangkan di perguruan tinggi masing-masing dalam rangka menumbuhkan budaya mutu.

Direktur Penjaminan Mutu memaparkan berbagai macam intervensi yang dilakukan pemerintah melalui Direktorat Penjaminan Mutu melalui berbagai macam program antara lain Lokakarta Penyusunan Dokumen SPMI, Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI), Pendampingan AMI, ToT calon pelatih SPMI, dan termasuk seminar Budaya mutu untuk pimpina PT dimaksudkan agar penyelenggaraan pendidikan tinggi semakain baik dan dapat meningkat mutunya.

Lokakarya diisi antara lain paparan Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) oleh Tim Pengembang SPMI, Prof. Johannes Gunanawan; Berbagi Praktik Baik Membangun Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi oleh Kepala Penjaminan Mutu Universitas Riau, Prof. Casca; Kepemimpinan dan Manajemen Budaya Mutu oleh Rektor ITS, Prof. Joni Hermana; dan Membangun Budaya Mutu oleh Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono. (haz)