Home » Berita

Apresisasi Perguruan Tinggi yang Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dalam Rangka Hakteknas ke-23 Tahun 2018

13/08/2018

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memiliki tugas mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan IPTEK dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa. Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terus menerus mendorong dan memfasilitasi  upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi melalui penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di setiap perguruan tinggi menuju tumbuhnya budaya mutu (quality culture).

Dalam rangka memotivasi dan mendorong tumbuhnya budaya mutu di perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan memberikan Apresiasi Perguruan Tinggi yang Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Penghargaan ini diberikan secara selektif kepada perguruan tinggi bukan PTN-BH dan terakreditasi peringkat A atau B yang telah mengisi instrumen pemetaan SPMI online tahun 2018, penerima apresiasi telah divisitasi dan diverifikasi kelengkapan dokumen SPMI, serta direviu kesesuaian penerapannya oleh tim Pengembang SPMI.

Ada 16 perguruan tinggi masuk nominasi dan dilakukan visitasi namun  dalam rapat pleno Tim Pengembang SPMI diputuskan hanya ada 10 perguruan tinggi penerima apresiasi sesuai dengan bentuk perguruan tinggi yaitu : 4 Universitas,  3 Politeknik, 1 Sekolah Tinggi, dan 2 Akademi. Untuk kategori Institut, tahun ini tidak ada yang menerima apresiasi setelah divitasi tim  dan dinyatakan tidak ada yang lolos mendapatkan apresiasi.

Berikut penerima apresiasi SPMI, kategori Universitas : Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Kategori Politeknik : Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Kemenkes Surakarta, dan Polikteknik Kemenkes Yogyakarta. Kategori Sekolah Tinggi : STIE Perbanas Surabaya.Kotegori Akademi : Akademi Maritim Yogyakarta dan Akademi Kebidanan Sari Mulia.

Hadir menerima apresiasi antara lain : Rektor Universitas Negeri Padang: Prof. Ganefri, M.Pd., Ph.D., Rektor UII: Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., Rektor Universitas Katolik Parahyangan: Mangadar Situmorang, Ph.D., Wakil Rektor I Unika Widya Mandala: Drs. Y G Harto Pramono, Ph.D.,m Direktur Politeknik Negeri Semarang : Ir. Supriyadi, M.T., Direktur Poltekkes Kemenkes Surakarta:   Satino, MSc.N, Direktur Politeknik Kemenkes Yogyakarta: Joko Susilo, SKM, M.Kes, Ketua STIE Perbanas Surabaya : Dr. Lutfi, SE., M.Fin., Akademi Maritim Yogyakarta: Dr. Wegig Pratama M.Pd., Akademi Kebidanan Sari Mulia : Anggrita Sari, S.Si.T.,M.Pd.,M.Kes.

Apresiasi berupa plakat dan sertifikat diserahkan oleh Direktur Penjaminan Mutu, Bapak Prof. Aris Junaidi dan dilanjutkan dengan sesi fot bersama. (haz)