Home » Berita

Meningkatkan Mutu Asesor Uji Kinerja (UKIN) untuk Guru Berkualitas

07/06/2018

Yogyakarta – Belmawa, Perjuangan seorang dosen ataupun guru memang tidak mengenal waktu demi masa depan anak didiknya walaupun disaat berpuasa, hal tersebut tergambar dari hadirnya 578 orang pengajar dalam Workshop Penyamaan Persepsi Pelatihan Asesor Uji Kinerja (UKIN) Uji Kompetensi Mahasiswa PPG di Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis 6 Juni 2018.

Direktur Penjaminan Mutu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Aris Junaidi menyampaikan pentingnya diadakan pelatihan bagi Dosen dan Guru ini.

“Workshop hari ini adalah untuk penyamaan persepsi, penyamaan persepsi ini penting agar tidak ada penilaian yang sifatnya subjektifitas dan penilaian ini bersifat transparan” ucap Direktur Penjaminan Mutu.

Turut hadir Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa dan Rahayu Retno Sunarni selaku Kasubdit Kompetensi Lulusan Direktorat Penjaminan Mutu.

Indonesia saat ini banyak membutuhkan tenaga pengajar, karena hal itu Aris Junaidi berharap bisa mempersiapkan guru-guru yang profesional untuk kemajuan anak bangsa.

“Harapannya dengan adanya kebutuhan guru yang besar ini, betul-betul bisa tersaring guru-guru profesional yang nanti akan mencetak calon-calon siswa masa depan yang berkualitas, sehingga memenuhi capaian pembelajaran yang kita harapkan bersama” harapnya.

Harapan yang sama dilontarkan oleh Sutrisna Wibawa saat memberikan sambutan. “Bapak/ibu yang saya hormati, saya berharap pelatihan atau sosialisasi uji kinerja hari ini bagian dari tugas kita sebagai warga negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita.” ungkap Sutrisna.

Sebagai informasi lebih lanjut, Muchlas Samani ketua panitia warkshop menjelaskan detail peserta. “Jumlah peserta terbagi menjadi 2, yaitu pertama dari bapak ibu dosen berjumlah 421 orang berasal dari 37 prodi, kedua ibu bapak dari sekolah mintra sebanyak 157 orang dari 51 sekolah mitra, keseluruhan total peserta kali ini 578 orang” pungkas Muchlas. (TJS)Pelatihan asesor ukin 2018 2